Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Word Wall Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Khoirur Roisil Udzri STKIP PGRI Situbondo
  • Arico Ayani Suparto STKIP PGRI Situbondo
  • Siti Seituni STKIP PGRI Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.55606/teknik.v5i2.7401

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Game Edukasi, Wordwall, Berpikir Kritis, Peserta Didik

Abstract

This research is motivated by the low critical thinking skills of students and the lack of use of interactive learning media that can increase active involvement in the learning process. To overcome these problems, educational game-based learning media Wordwall is used as a fun, challenging, and interesting alternative. This study aims to determine the effect of using Wordwall media on students' critical thinking skills. The research was conducted at SMK Farida Adz-Dzikra Situbondo involving 30 class X TKJ students as respondents. The approach used was quantitative with a survey method, and data collection was carried out through questionnaires based on critical thinking indicators. Data analysis included validity, reliability, normality, linearity, and simple linear regression tests. The results showed that all statements in the questionnaire were valid and reliable with a Cronbach's Alpha value of 0.853. The data was normally distributed and had a linear relationship. Hypothesis testing showed that the use of Wordwall media had a positive and significant effect on students' critical thinking skills with a significance value <0.05. The implication is that the use of Wordwall media has proven effective as an interactive learning tool to improve students' critical thinking skills in learning.

References

Abdussamad, Z. (2021). METODE PENELITIAN KUALITATIF. CV. Syakir Media Press.

Afif, Z.J. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Tahun 2019 (Disertasi Doktor, IAIN Metro).)

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504.

Ardiyansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitattif.

Arisandi, A., & Ependi, U. (2023). Analisis peramalan penjualan produk pada pt. enseval putera megatrading TBK menggunakan metode regresi linear sederhana. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer, 15(1b), 317-326.

Evania, R. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan KPU Wilayah Ujungberung. Jurnal Adijaya Multidisplin, 2(04), 499-508.

Fitriana, A., & Indriyani, D. (2024, August). PBL BERBANTUAN GAMIFIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 407-418).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan Erlina, & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2).

Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 323-339.

Kusuma, A. F. A. A., Nugroho, G. M. D., & Aulana, P. E. (2024). PEMANFAATAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOGRAFI. TRANSFORMASI, 20(1).

Lestari, S. R., Saleh, A. R., & Muchtar, M. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 399-407.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20-29.)

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mustofa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masdumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan kelas DALAM PENDIDIKAN OLAHRAGA. Insight Mediatama.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi berbasis wordwall dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140-147.

Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10 (01), 67–78.

Pramono, A., Tama, T. J. L. G., & Waluyo, T. (2021). Analisis arus tiga fasa daya 197 KVA dengan menggunakan metode uji normalitas kolmogorov-smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213-216.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), 279-284.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis faktor-faktor keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.

Siswanto, E. P., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Toko Mourish Shoplist Tulungagung. Jurnal Economina, 2(7), 1816-1828.

Trisnawaty, M., & Parwoto. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA BAGIAN PRODUKSI 1 PT JS JAKARTA).

Violin, V., Basalamah, I., Awaluddin, A., Sardi, S., & Sumarni, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Cabang Lion Air di Jakarta. Economics and Digital Business Review, 3(1), 72-84.

Wulandari, S. (2024). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dan Psychological Well-Being dalam bimbingan religi: Penelitian di Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Khoirur Roisil Udzri, Arico Ayani Suparto, & Siti Seituni. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Word Wall Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(2), 57–71. https://doi.org/10.55606/teknik.v5i2.7401

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.