Rancangan Video Animasi Pembelajaran TIK Kelas X Menggunakan Aplikasi Animaker
DOI:
https://doi.org/10.55606/teknik.v5i3.7751Keywords:
Analisis, Perancangan, Pengembangan, ImplementasiAbstract
Abstract. nimation Video Design Using Animaker Application to facilitate teachers in the learning process. Make the learning atmosphere cool, interesting, and fun for students. During observations at school, teachers have not maximally used animation in learning media. Teachers have not used new learning media, but only utilize books and makeshift learning media. So therefore developed learning media Design of Animation Video Using Animaker Application as Tik Learning Media in Class X MA Raudatut Thalibin with a valid category.
The type of research used is using the ADDIE model. The ADDIE model has five stages, namely analysis (Analyze), design (Design), development (Development), implementation (Implementation), and evaluation (Evaluation). The results of the research on the design of animated videos using the animaker application on the validation of the media expert test got 100% with a very valid category. For the results of the validation of material experts get a value of 100% very valid category. So the design of animated videos using animaker applications reaches very valid criteria.
References
Alamsah, Boby, and Julianti Kasih. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa Berbasis Website Pada Institut Teknologi Bandung.” Jurnal STRATEGI (Jurnal Sarana Tugas Akhir Mahasiswa Teknologi Informasi) 2(1):190–204.
Aprimadedi, A., W. O. Wati, and S. Oktavia. 2023. “Pengembangan Media Game Scrabble Untuk Penulisan Kosa Kata Baku Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 03 Koto Baru.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(3):106–15.
Ashar, Shilvi Almi, and Supriansyah Supriansyah. 2023. “Media Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Keragaman Budaya Indonesia Di Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2(3):167–76. doi: 10.56916/ejip.v2i3.384.
Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. 2022. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan.” 2(3):1030–37.
Eliyantika, Eliyantika, Ahmad Hari Witono, and Ilham Syahrul Jiwandono. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3):1315–26. doi: 10.29303/jipp.v7i3.749.
Endaryono, Mahyudi Yudi, and Aswin Saputra. 2024. “Pembuatan Video Animasi Menggunakan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS) 3(2):51–57. doi: 10.33772/japimas.v3i2.51.
Fauzan Muhajir, Faiz, Budi Tjahjono, and Badri Munawar. 2022. “Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Mata Kuliah Pendidikan TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi).” Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi 5(2):87–93.
Hutauruk, Ahmad Fakhri. 2018. “Digital Citizenship: Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Di Era Global.” Historis | FKIP UMMat 2(2):1. doi: 10.31764/historis.v2i2.186.
Kotimah, Erlina Kusnul. 2024. “Meningkatkan Pendidikan Sains Menjelajahi Dampak Video Animasi Powtoon Dalam Instruksi IPA.” 1:5–12.
Kusumahwardani, Devi, Ading Pramadi, and Meti Maspupah. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(1):110–15. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1665.
Malihah, Alfina Ainaya, and Sumargiyani -. 2023. “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi Smk.” JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya 8(1):31–38. doi: 10.24269/silogisme.v8i1.5472.
Media, Video, N. Nurhaliza Suhada, and Fitria Nurulaeni. 2023. “Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Materi IPA Melalui Media Video Animasi Canva.” 3(1):30–36.
Meilanda, Angga Yuda. 2017. “ABSTRAK : Indonesia.” Pengembangan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Web 2:177–84.
Mewengkang, Adelia, Meytij J. Rampe, and Septiany Ch Palilingan. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Laju Reaksi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi.” Oxygenius Journal Of Chemistry Education 2(1):29. doi: 10.37033/ojce.v2i1.143.
Nadya, Nyayu Lulu, Falina Noor Amalia, Moh Wahyu Aminullah, and Ahmad Malik Abdul. 2025. “Penerapan Aplikasi Animaker Pada Pembelajaran Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa.” 4(2):34–43.
Pokhrel, Sakinah. 2024. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 15(1):37–48.
Qurotu Aini, Laili Isnia, and Fitria Dwi Prasetyaningtas. 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Animaker Materi Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Kelas V.” Joyful Learning Journal 12(3):140–45. doi: 10.15294/jlj.v12i3.76031.
Review, Artikel. 2025. “Pengembangan Video Animasi Edukasi Tentang Pola Hidup Sehat Bagi Anak Sekolah Dasar Development of Educational Animation Videos About Healthy Lifestyles for Elementary School Children.” 8(5):2608–14. doi: 10.56338/jks.v8i5.7677.
Riyanto, Agus. 2023. “Guru Pendidikan Agama Islam Dimasa Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Al Kasyaf (Jurnal Pendidikan Dan Dakwah) 1(1):1–10.
Robinson, Edward, Yasir Hasan, Info Artikel Abstrak, and Kata Kunci. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Animaker Dalam Pembuatan Media Pembelajaran.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 01(01):18–23.
Winda, Rose, and Febrina Dafit. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(2):211. doi: 10.23887/jp2.v4i2.38941.
Zahwa, Feriska Achlikul, and Imam Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19(01):61–78. doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.
Alamsah, Boby, and Julianti Kasih. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa Berbasis Website Pada Institut Teknologi Bandung.” Jurnal STRATEGI (Jurnal Sarana Tugas Akhir Mahasiswa Teknologi Informasi) 2(1):190–204.
Aprimadedi, A., W. O. Wati, and S. Oktavia. 2023. “Pengembangan Media Game Scrabble Untuk Penulisan Kosa Kata Baku Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 03 Koto Baru.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(3):106–15.
Ashar, Shilvi Almi, and Supriansyah Supriansyah. 2023. “Media Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Keragaman Budaya Indonesia Di Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2(3):167–76. doi: 10.56916/ejip.v2i3.384.
Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. 2022. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan.” 2(3):1030–37.
Eliyantika, Eliyantika, Ahmad Hari Witono, and Ilham Syahrul Jiwandono. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3):1315–26. doi: 10.29303/jipp.v7i3.749.
Endaryono, Mahyudi Yudi, and Aswin Saputra. 2024. “Pembuatan Video Animasi Menggunakan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS) 3(2):51–57. doi: 10.33772/japimas.v3i2.51.
Fauzan Muhajir, Faiz, Budi Tjahjono, and Badri Munawar. 2022. “Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Mata Kuliah Pendidikan TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi).” Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi 5(2):87–93.
Hutauruk, Ahmad Fakhri. 2018. “Digital Citizenship: Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Di Era Global.” Historis | FKIP UMMat 2(2):1. doi: 10.31764/historis.v2i2.186.
Kotimah, Erlina Kusnul. 2024. “Meningkatkan Pendidikan Sains Menjelajahi Dampak Video Animasi Powtoon Dalam Instruksi IPA.” 1:5–12.
Kusumahwardani, Devi, Ading Pramadi, and Meti Maspupah. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(1):110–15. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1665.
Malihah, Alfina Ainaya, and Sumargiyani -. 2023. “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi Smk.” JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya 8(1):31–38. doi: 10.24269/silogisme.v8i1.5472.
Media, Video, N. Nurhaliza Suhada, and Fitria Nurulaeni. 2023. “Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Materi IPA Melalui Media Video Animasi Canva.” 3(1):30–36.
Meilanda, Angga Yuda. 2017. “ABSTRAK : Indonesia.” Pengembangan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Web 2:177–84.
Mewengkang, Adelia, Meytij J. Rampe, and Septiany Ch Palilingan. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Laju Reaksi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi.” Oxygenius Journal Of Chemistry Education 2(1):29. doi: 10.37033/ojce.v2i1.143.
Nadya, Nyayu Lulu, Falina Noor Amalia, Moh Wahyu Aminullah, and Ahmad Malik Abdul. 2025. “Penerapan Aplikasi Animaker Pada Pembelajaran Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa.” 4(2):34–43.
Pokhrel, Sakinah. 2024. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 15(1):37–48.
Qurotu Aini, Laili Isnia, and Fitria Dwi Prasetyaningtas. 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Animaker Materi Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Kelas V.” Joyful Learning Journal 12(3):140–45. doi: 10.15294/jlj.v12i3.76031.
Review, Artikel. 2025. “Pengembangan Video Animasi Edukasi Tentang Pola Hidup Sehat Bagi Anak Sekolah Dasar Development of Educational Animation Videos About Healthy Lifestyles for Elementary School Children.” 8(5):2608–14. doi: 10.56338/jks.v8i5.7677.
Riyanto, Agus. 2023. “Guru Pendidikan Agama Islam Dimasa Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Al Kasyaf (Jurnal Pendidikan Dan Dakwah) 1(1):1–10.
Robinson, Edward, Yasir Hasan, Info Artikel Abstrak, and Kata Kunci. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Animaker Dalam Pembuatan Media Pembelajaran.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 01(01):18–23.
Winda, Rose, and Febrina Dafit. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(2):211. doi: 10.23887/jp2.v4i2.38941.
Zahwa, Feriska Achlikul, and Imam Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19(01):61–78. doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





