Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis THK dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD N 2 Seminyak
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.6779Keywords:
Tri Hita Karana, Inkuiri, Berpikir Kritis, Karakter, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri 2 Seminyak. Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan sejak 2022 menekankan penguatan karakter dan berpikir kritis, namun dalam praktiknya masih banyak sekolah dasar yang menerapkan pendekatan konvensional yang berpusat pada guru. Observasi menunjukkan bahwa penerapan nilai THK, yang meliputi aspek Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan, belum sepenuhnya optimal terutama dalam membentuk kesadaran ekologis siswa. Dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) melalui pre-test dan post-test, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran. Rata-rata nilai meningkat dari 76,35 menjadi 90,38. Model ini terbukti tidak hanya efektif dalam meningkatkan capaian akademik, tetapi juga membentuk karakter religius, sosial, dan peduli lingkungan siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran sebagai pendekatan kontekstual dan bermakna di era Society 5.0.
References
Arnyana, I. B. P., & Suja, I. W. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Bermuatan Tri Hita Karana pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD. Jurnal ES-UPY, 13(1). https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/4404
Astawan, I. G. A., Suarni, N. K., & Wijana, I. M. (2023). Penguatan Kearifan Lokal Tri Hita Karana dalam Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 13–22.
Dewi, L. P. A. F., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/55993
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Hartati, T. A. W., Corebima, A. D., & Suwono, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dan siklus belajar 5E terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada kemampuan akademik berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1). https://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/6939
Hartayani, N. M. D., & Wulandari, N. L. P. (2023). Students' Perceptions of the Integration of Tri Hita Karana Values in Descriptive Writing. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(1), 45–56. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/10545
Muhsam, J., Suja, I. W., & Sutajaya, I. M. (2025). Pengaruh E-LKPD Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 11(1). http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/4953
Putra, I. M. D., & Murniati, A. R. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154.
Putra, I. M. D., & Murniati, A. R. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 35–45.
Rahmawati, D., & Jayanta, I. N. L. (2024). Module-Based Tri Hita Karana: Improving Students' Critical Thinking and Social Behaviors. Synesis, 16(1), 1–15. https://seer.ucp.br/seer/index.php/synesis/article/view/2920
Suardani, N. M. S., & Sutama, I. K. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana dalam Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Karakter dan Budaya Lokal, 6(2), 55–67.
Suarmini, N. W., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Kompetensi Global Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.23624
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukini. (2025). Exploring the Role of Inquiry-Based Learning, Technology Integration, and Peer Mentoring in Developing Professional Competence of Educators in Indonesia. West Science Social and Humanities Studies, 3(1), 69–80. https://www.researchgate.net/publication/388816589
Suparno. (2020). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 521–534. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.