PERAN PSIKOLOGI PENDIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.295Keywords:
Psikologi, Pendidik, Psikologi Pendidikan, Proses Belajar MengajarAbstract
Pencapaian efektivitas proses pendidikan yang dilakukan melalui pengamatan perilaku individu tertentu yang bertujuan untuk menemukan berbagai fakta pendidikan, generalisasi dan teori yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu merupakan definisi dari psikologi pendidikan yang dikemukakan oleh Pupu Saeful Rahmat, (Rahmat, 2018). Berdasarkan hal tersebut pentingnya seorang pendidik memahami psikologi pendidikan dalam proses pembelajarannya. Bedasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran psikologi pendidik dalam proses pembelajaran, meliputi psikologi pendidik, ruang lingkup psikologi pendidikan dan pentingnya guru memahami psikologi pendidikan.Penulisan ini menggunakan metode studi literatur (library research) melalui data sekunder. Pendidik diharapkan lebih memahami psikologi pendidikan agar membentuk karakter psikologi pendidik yang baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini seutuhnya berdasarkan dari hasil analisis, data-data sekunder yang dapat dipercaya dan dijadikan sumber pemikiran, analisis dari berbagai studi literatur terkemuka, media cetak maupun online yang pada akhirnya muncul sebuah gagasan pendidik merupakan agen peradaban yang mampu membnetuk dan menciptakan budaya masyarakat ke arah yang lebih positif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.