OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.329Keywords:
isi, format, artikelAbstract
Bagian yang tak terpisahkan dan penting menjadi perhatian dari keilmuan menejemen pendidikan salah satunya adalah sistem infirmasi manajemen. Mengapa? Karena selain sebagai data dalam rangka pengambil keputusan, transparansi dan keterbukaan informasi kepada konsumen atau pengguna jasa dewasa ini sangat diperlukan dalam menentukan sebuah keputusan orang tua untuk memilih sebuah lembaga pendidikan Islam. adanya informasi secara komprehensif dan terbuka dari apa yang dimiliki oleh sebuah lembaga pendidikan. Dalam penulisan kali ini berfokus pada optimalisasi sistem informasi manajemen pada lembaga pendidikan Islam yang tentunya mengikut sertakan peran serta Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai alat dalam mencapai ke-efektif-an dan ke-efesien-an informasi dari lembaga pendidikan. Tentunya, perlu adanya upaya yang konkrit dalam mewujudkannya, sehingga penulisan kali ini akan dipaparkan secara teoritis tentang definisi secara umum dan khusus sebuah sistem informasi manajemen tersebut. Terdapati beberapai hali yang dapat disimpulkan: (1) Sistem Informasi Manajemen dalam dunia pendidikan, mencakup unit-unit atau elemen yang ada dalam sebuah lembaga pendidikan yang meliputi informasi SDM (pendidik dan tenaga kependidikan), siswa, infrastruktur, kurikulum; (2) Optimalisasi sistem informasi manajemen dapat dicapai dengan sebuah peng-integrasi-an dengan teknologi yang ada sekarang ini, seperti website, sosial media dan aplikasi.
References
Sa’adah. F. N. H., Nirokha, Ibad. A.”Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) Kepala Sekolah dalam Pengambilan Keputusan di SMK Islam Al-Khoiriyah”. Jurnal Al-Miskawih. 2(1). 16-34. 2021.
Ety Rocaety, dkk, System Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,
, hlm. 2-3.
Agustinus, Manajemeni Kurikulumi Berbasisi Karakter: iKonsep, iPendekatan dan iAplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Ety Rocaety, dkk, System Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,
, hlm. 4.
Faustino Cardosoi Gomes, Manajemeni Sumberi Dayai Manusia. Yogyakarta: ANDI, 2002, hlm. 1
B. Siswanto, Pengantari Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2005, hlm. 11.
Helmawati, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. 2015, hlm, 21-22.
Ety Rocaety, dkk, System Informasi Manajemen Pendidikan.. 2005, hlm, 12-13.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta, 2015.
M. Reisnick, iRethinking iLearning in iThe iDigital iAge, Chapter 3, 2002
Ety Rocaety, dkk, System Informasi Manajemen Pendidikan. 2005, hlm. 22
Ibid...., hlm. 23
Helmawati, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. 2015, hlm. 2
J.iAnderson, iICT iTransforming iEducation:iAi Regional iGuide. Bangkok: UNESCO, 2010, hlm. 4
Dodi iNandika, iGatot iH. iPriowirjanto dan Soekartawi, iIntegrating iICT ifor iBetter iQuality and Velues of Education: Lesson from Indonesia, 2007, hlm. 11
UNESCO, iUNESCO iICT iCompetency iFramework for iTeachers, UNESCO and Microsoft Paris, 2011, hlm. 4.
Yves Punie and Marcelino Cabrera, The Future of ICT and Learning in the Knowledge Society, European Communities Luxembourg, 2006, hlm. 27.
UNDP, Promoting ICT for Human Development in Asia: Realizing the Millennium Development Goals, UNDP New Delhi, 2005, hlm. 121-123.
S. A. Hashemy, D. iHayati, and Z. Hashemy, iA iSurvey iof ithe iApplication iof iInformation Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2012.
Abdul iHadis dan iNurhayati, iManajemen iMutu iPendidikan, (Bandung: iALFABETA, 2014), hlm. 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.