Peran Jurnal Harian Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Mengemukakan Pendapat: Tinjauan Ontologis, Epistemologis, Aksiologis Dan Prinsip Dasar Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.7167Keywords:
Daily Journal, Self-Confidence, Philosophy of Education, Elementary Students, Jurnal Harian, Kepercayaan Diri, Filsafat Pendidikan, Siswa SDAbstract
This study aims to analyze the role of daily journal writing habits in improving the self-confidence of fifth-grade elementary school students in expressing their opinions through a philosophical education approach that includes ontological, epistemological, and axiological perspectives, as well as physiological, sociological, and anthropological principles. The research method used is qualitative descriptive based on literature review. The object of research is the concept of daily journal writing in the context of elementary education, while the subjects are fifth-grade elementary students in general. Data were collected through document studies of articles and books, and analyzed using content analysis with source triangulation for data validity. The results show that daily journals help increase students’ self-confidence by facilitating self-reflection, supporting knowledge construction, and instilling values of honesty and courage. These findings support the implementation of daily journals as a reflective learning strategy grounded in the philosophy of basic education.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kebiasaan jurnal harian dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas V sekolah dasar untuk mengemukakan pendapat dengan pendekatan filsafat pendidikan yang meliputi tinjauan ontologis, epistemologis, aksiologis, serta prinsip fisiologis, sosiologis, dan antropologis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka. Obyek penelitian adalah konsep kebiasaan jurnal harian dalam konteks pendidikan dasar, sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar secara umum. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi artikel dan observasi literatur ilmiah terkait. Teknik analisis data menggunakan analisis konten dengan triangulasi sumber untuk validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal harian mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan memfasilitasi refleksi diri, membangun konstruksi pengetahuan, serta menanamkan nilai kejujuran dan keberanian. Temuan ini mendukung penerapan jurnal harian sebagai strategi pembelajaran reflektif yang berlandaskan filsafat pendidikan dasar.
References
Rahmawati, I. (2022). Peningkatan kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 189–200. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.79236
Puspitasari, D., Herlina, R., & Gunawan, T. (2023). Penggunaan jurnal reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jpdn.v8i1.89217
Fatimah, A., & Yusuf, M. (2023). Pendidikan karakter berbasis budaya lokal dalam pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 45–56. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i1.89465
Ningsih, R., & Saputra, A. (2020). Implementasi filsafat progresivisme dalam pembelajaran sekolah dasar untuk membentuk karakter peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 15–28.
Putri, R. A., & Rahman, M. (2021). Penanaman nilai keberanian melalui metode lektif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(1), 23–34.
Dewi, S., & Santosa, M. H. (2021). Strategi pembelajaran berbasis refleksi untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jpdi.v6i2.37845
Pratiwi, D. (2021). Penilaian autentik berbasis jurnal harian di sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 143–155.
Nugroho, B. (2022). Strategi pembelajaran literasi reflektif pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(1), 112–124.
Sari, I. (2020). Penguatan nilai-nilai sosial melalui jurnal kelas di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 89–101.
Wibowo, H. (2021). Pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aktivitas menulis. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 75–85.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Zuhairini, et al. (2011). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparlan, P. (2016). Pendidikan sebagai proses kebudayaan. Jurnal Kebudayaan dan Pendidikan, 26(2), 121–133.
Sudjana, N. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.