Upaya Peningkatan Ketrampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Berupa Pipa Lompat Pada Siswa Kelas Vsd Negeri Gunungreja 02 Kecamatan Sidareja
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1308Keywords:
ketrampilan, lompat jauh , modifikasi pipa lompatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan jasmani melalui penggunaan media pembelajaran pipa lompat di kelas V SD N Gunungreja 02. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas V SD N Gunungreja 02.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Gunungreja 02 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini di bagi beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi, skala aktivitas siswa. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, Peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ditandai dengan adaya peningkatan: (1) keaktifan siswa, (2) rasa senang siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) hasil unjuk kerja siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dari hasil analisis unjuk kerja siswa di peroleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II .Terlebih dari prosentase hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siklus I yang telah melebihi target dari yang di rencanakan yaitu 66% dengan jumlah siswa tuntas adalah 20 siswa dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Dan siklus II yang mencapai 94% dengan siswa tuntas 28 siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran pipa lompat dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N Gunungreja 02.
References
Ilham,Z,. (2017). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lompat Tinggi Gaya Straddle Siswa Putra Kelas X SMK Prabumilih. Jurnal Ilmu Keolahragaan,Vol 16(1).
Jamali. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Katolik St.AUGUSTINUS Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Ejournal, Volume (1),592.
Kristiyanto, A.(2010) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Mardiana,A.,Purwadi,.Satya,W,I,. (2010). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Universitas Terbuka
Milanda.,Muhtar,T.,& Dinangsit, D. (2018). Implementasi Metode Bermain Dalam Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Ejournal UPI, volume 1 (1)
Munasifah. (2010). Atletik Cabang Lompat. Semarang:Aneka Ilmu.
Rahayu,E,T.(2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.Bandung: ALFABETA.
Sudarto.(2016). Ketrampilan Dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan Dalam Persepektif Islam. Jurnal AL Lubab, volume 1,1.
Suryadi,M,I.(2017). Pengaruh Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Kardus Pada Siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Tochsain,Vol (01),01.
Widiastuti,.Hutomo,P. (2018). Meningkatkan Ketrampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Bantu.Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan.Volume (01),09
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.