Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis THK dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD N 2 Seminyak

Authors

  • Dewi Anzelina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Made Lely Pradnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Ayu Ratih Erawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Mita Prasetia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Dwi Okta Monica Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ayu Pradnyawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.6779

Keywords:

Tri Hita Karana, Inkuiri, Berpikir Kritis, Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri 2 Seminyak. Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan sejak 2022 menekankan penguatan karakter dan berpikir kritis, namun dalam praktiknya masih banyak sekolah dasar yang menerapkan pendekatan konvensional yang berpusat pada guru. Observasi menunjukkan bahwa penerapan nilai THK, yang meliputi aspek Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan, belum sepenuhnya optimal terutama dalam membentuk kesadaran ekologis siswa. Dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) melalui pre-test dan post-test, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran. Rata-rata nilai meningkat dari 76,35 menjadi 90,38. Model ini terbukti tidak hanya efektif dalam meningkatkan capaian akademik, tetapi juga membentuk karakter religius, sosial, dan peduli lingkungan siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran sebagai pendekatan kontekstual dan bermakna di era Society 5.0.

References

Arnyana, I. B. P., & Suja, I. W. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Bermuatan Tri Hita Karana pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD. Jurnal ES-UPY, 13(1). https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/4404

Astawan, I. G. A., Suarni, N. K., & Wijana, I. M. (2023). Penguatan Kearifan Lokal Tri Hita Karana dalam Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 13–22.

Dewi, L. P. A. F., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/55993

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.

Hartati, T. A. W., Corebima, A. D., & Suwono, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dan siklus belajar 5E terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada kemampuan akademik berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1). https://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/6939

Hartayani, N. M. D., & Wulandari, N. L. P. (2023). Students' Perceptions of the Integration of Tri Hita Karana Values in Descriptive Writing. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(1), 45–56. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/10545

Muhsam, J., Suja, I. W., & Sutajaya, I. M. (2025). Pengaruh E-LKPD Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 11(1). http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/4953

Putra, I. M. D., & Murniati, A. R. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154.

Putra, I. M. D., & Murniati, A. R. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 35–45.

Rahmawati, D., & Jayanta, I. N. L. (2024). Module-Based Tri Hita Karana: Improving Students' Critical Thinking and Social Behaviors. Synesis, 16(1), 1–15. https://seer.ucp.br/seer/index.php/synesis/article/view/2920

Suardani, N. M. S., & Sutama, I. K. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana dalam Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Karakter dan Budaya Lokal, 6(2), 55–67.

Suarmini, N. W., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan Model Inkuiri Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Kompetensi Global Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.23624

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukini. (2025). Exploring the Role of Inquiry-Based Learning, Technology Integration, and Peer Mentoring in Developing Professional Competence of Educators in Indonesia. West Science Social and Humanities Studies, 3(1), 69–80. https://www.researchgate.net/publication/388816589

Suparno. (2020). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 521–534. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.2020

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Anzelina, D., Luh Made Lely Pradnyani, Erawati, A. A. A. R., Prasetia, N. K. M., Putri, N. K. D. O. M., & Pradnyawati, L. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis THK dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD N 2 Seminyak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 5(2), 301–310. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.6779

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.