Pengaruh Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Maxim Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v5i2.6299Keywords:
Decision, Price, Service Quality, Word of MouthAbstract
This study aims to partially determine the effect of word of mouth (WOM), price, and service quality on decisions to use online motorcycle taxi application services maxim bike category on the masses of Palembang city. This study uses primary data with a quantitative approach. The population in this study were consumers who used the online motorcycle taxi application Maxim Bike category whose number was unknown, so sampling was carried out using the Lemeshow formula with a coverage of 96 respondents. The analysis method used in this study is validity testing, reliability, classical assumption testing, and hypothesis testing using IBM SPSS 30 statistical analysis. The results of this study indicate that word of mouth (WOM) has a positive and significant effect on decisions to use maxim bike services, price has a positive and significant effect on decisions to use maxim bike services, and service quality has a positive and significant effect on decisions to use maxim bike services.
References
Arifin, S. (2022). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai jasa transportasi online (Studi kasus mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan) [Skripsi].
Daeng, C. R. N., Rogahang, J., & Walangitan, O. (2023). Pengaruh harga terhadap keputusan penggunaan jasa layanan transportasi online Maxim Bike pada mahasiswa Fispol Unsrat. Productivity, 4(5), 608–615.
Erlina, F. S. (2024, Oktober 28). 5 aplikasi transportasi online dengan rerata unduhan terbanyak di Indonesia (2022–2023). Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/4e49e3af7a225fe/aplikasi-transportasi-online-terbanyak-diunduh-di-ri-2023-gojek-juaranya
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.
Kapriani, K., Asmawiyah, A., Thaha, S., & Hariyanti, H. (2021). Analisis pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi online Maxim di Makassar. Al-Buhuts, 17(1), 142–161. https://doi.org/10.30603/ab.v17i1.2251
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi, XX(Xx), 1–5.
Kurniawan, A. D. I. (2023). Pengaruh e-service quality, word of mouth dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (Studi pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang) [Skripsi, Universitas Semarang].
Kurniawan, A. D. I., Ekonomi, F., & Universitas Semarang. (2023). Pengaruh e-service quality, word of mouth dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (Studi pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang).
Mahyarni, M. (2013). Theory of reasoned action dan theory of planned behavior: Sebuah kajian historis tentang perilaku. Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17
Munizu, M. (2012). Strategi bauran pemasaran dan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 5(2). https://doi.org/10.20473/jmtt.v5i2.2559
Rachmad, Y. E., Sudiarti, S., Fajariana, D. E., Kisworo, Y., Suryawan, R. F., Tanadi, H., ... & Kutoyo, M. S. (2022). Manajemen pemasaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Saputri, H. A., & Nugroho, W. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi, brand ambassador, dan citra merek terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express (Studi kasus: J&T DP Gresik). UMG Repository, 54–55.
Sauri, S., Husna, D. H., Ahmad, Z., & Hairullah, F. (2024). Kepuasan pelanggan transportasi online Maxim di Kota Banjarmasin: Peran harga, kualitas pelayanan, dan kemudahan. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah, 5(1), 106–120.
Siregar, A. R. D., & Hajijah, S. N. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi online (Studi kasus Maxim di Cirebon). Jurnal Winata, 1(2), 21–31.
Suhermin, N., Purwanto, B., & Budiyanto. (2022). Theory of planned behaviour: Implementasi perilaku electronic word of mouth pada konsumen marketplace. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Valentino Aji, G., Pembangunan Jaya, U., & Daenova, H. L. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pada transportasi online Maxim Universitas Pembangunan Jaya. Jurnal Sains Student Research, 1(2), 370–379. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.