ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR TARTIL KARYA CHUDORI AHMAD BERDASARKAN KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.298Keywords:
Analisis Kelayakan, Buku Ajar, Kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar tartil yang ditulis oleh Chudori Ahmad menyesuaikan dengan kurikulum 2013. Saya menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena metode yang dipilih ini berhubungan dengan tujuan penelitian sekaligus untuk menjabarkan perumusan masalah yang diteliti. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan cara menganalisis langsung terhadap buku ajar tartil yang ditulis oleh Chudori Ahmad. Aspek kelayakan yang diamati yakni kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tartil yang ditulis oleh Chudori Ahmad layak dipakai oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran serta tampilan keseluruhan skor dari masing-masing aspek ialah 40 dari skor maksimalnya 40, juga untuk rata-rata kategori pun termasuk kriteria yang sangat baik. Jadi, buku ajar tartil tingkat Sekolah Dasar oleh Chudori Ahmad sudah memenuhi standar aspek kelayakan yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Demikian ketentuan keberhasilan dalam penelitian ini bisa dilihat rinciannya pada tiap-tiap bab yang telah diuraikan peneliti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.