Penggunaan Media Kartu Pintar dalam Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas III SD Negeri Sindangbarang 05
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.1310Keywords:
Media kartu pintar, Unggah-ungguh basa, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi penggunaan media kartu pintar dalam pembelajaran unggah-ungguh Bahasa Jawa peserta didik kelas III SD Negeri Sindangbarang 05. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan langsung dilapangan (observasi). Alur analisis data melalui data collection, data reduction, data display, dan conclusions drawing/verifying. Populasi dari penelitian ini adalah SD Negeri Sindangbarang 05, sedangkan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III SD Negeri Sindangbarang 05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: dalam penelitian ini ditemukan bahwa guru telah memanfaatkan media kartu pintar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran unggah-ungguh Bahasa Jawa. Guru menggunakan media kartu pintar dalam mengelola pembelajaran, sehingga tercipta iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Kendala yang dialami guru adalah pengkondisian peserta didik yang sulit, durasi pembelajaran sedikit, serta kemampuan peserta didik dalam unggah-ungguh yang kurang.
References
Arafik, M. & Rumidjan. (2016). Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 25 (1), 55-61.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Damayanti, V. R. (2011). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Dalam Berdialog Sesuai Unggah-Ungguh Basa Dengan Media Kartu Karakter Pada Siswa Kelas IXG SMP Negeri 2 Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Skripsi Tidak Dipublikasikan. UNNES, Semarang.
Harjawijaya, H. & Supriya, T. H. (2001). Marsudi Unggah-Ungguh Basa Jawa. Yogyakarta: Kanisius.
Latifah, N. N. (2010). Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 15 (1), 149-158.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizmia Learning Center.
Rizka, N, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Melalui Metode Role Playing Berbasis Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VA SDN Gisikdrono 03 Semarang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. UNNES, Semarang.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dirgantara.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sasangka, S. S. T. W. (2019). Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Yogyakarta: Buana Grafika.
Setiyanto, B. (2007). Parama Sastra Bahasa Jawa. Yogyakarta: Panji Pusaka.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susila, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan KTP FIP UPI.
Winataputra, U. S. dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.