Pengaruh Variasi Produk, Promosi Digital, Word Of Mouth, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Garda Elektronik Rantauprapat
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v5i1.5806Keywords:
Product Variation, Digital Promotion, Word of Mouth, Store Atmosphere, Purchase Decision, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to analyze the influence of product variation, digital promotion, word of mouth, and store atmosphere on purchase decisions and their impact on customer satisfaction at Garda Elektronik Store in Rantauprapat. The research employed a quantitative approach with a sample size of 96 respondents. Data were analyzed using PLS-SEM with the help of SmartPLS software. The results indicate that product variation (X1), digital promotion (X2), and word of mouth (X3) do not have a significant effect on purchase decisions. In contrast, store atmosphere (X4) has a significant effect on purchase decisions. Furthermore, purchase decisions significantly influence customer satisfaction. These findings highlight the importance of store atmosphere in shaping both purchase decisions and customer satisfaction.
References
Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.
Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado the Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Interest To Buy Oriflame Consumers in Manado. Riset Ekonomi, 7(1), 131–140.
Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29-40.
Antari, N. P. I. S. (2022). Pengaruh Promosi, Suasana Cafe Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hangout Acoustic Cafe Gianyar (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Budianto, L. A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitasp Elayanan, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kopi Gong Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Daud, S., Belinda, S., & Arinda, Y. (2025). Analisis Strategi Pemasaran dan Persaingan: Studi Kasus pada UMKM Pemasaran Elektronik" Toko William Elektrik" di Bandar Jaya, Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Jurnal EMT KITA, 9(1), 167-176.
Desta Eko Saputra, Dolorosa, E., & Aritonang, M. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Kopi Lada Hitam terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Kopi Bang Azis). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(3), 892–905. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.26
Dewi, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43. https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55
Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
Fikri, M. A., Akbar, T., & Harianto, K. (2024). Pengaruh Suasana Toko, Promosi dan Keberagaman Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Listy Mart. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(4), 96-108.
Haji-Othman, Y., & Yusuff, M. S. S. (2022). Assessing Reliability and Validity of Attitude Construct Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(5), 378–385. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i5/13289
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarniki, N. N., Purwoko, P., Nurchayati, N., Tarmizi, A., & Vitaloka, D. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN MODERN: Strategi dan Taktik Untuk Kesuksesan Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Henriawan, D., & Puspasari, D. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Koaliansi: Cooperative Journal, 3(1), 71-86.
IndrPemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan . pers unitomo.
Indrayani, K. D. (2022). Pengaruh Suasana Toko, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sparepart Pada Edie Arta Grosir Cabang Bungkulan di Kota Singaraja. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 129-137.
Kim, J., Melton, R., Min, J. E., & Kim, B. Y. (2020). Who says what?: exploring the impacts of content type and blog type on brand credibility, brand similarity and eWOM intention. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 24(4), 611–630.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 16th Edition. Pearson Education.
Kuntopati, B. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2810–0581), 1134–1149.
Li, X., Tse, Y. K., Zhang, M., Phi, H. D. (2023). Impact of relocation strategy on brand trustwordiness and word-of-mouth: experimental vignette research on the US fashion industry. International Journal of Production Economics, 108775
Luthfiah, N. L., Takwim, I., & Dzulfiqar, I. (2023). Peran citra merek, store atmosphere dan word of mouth dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(2), 1145-1157.
Mariani, Suryani, E., Saufi, A., & Soesetio, R. R. A. (2024). Implementation of SEM Partial Least Square in Analyzing the UTAUT Model. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 8(2), 215–224. www.ajhssr.com
Masruroh, D., Harapan, R. S., & Wibisono, D. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Monokrom Store Yogyakarta). Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(2), 112–128. https://doi.org/10.53866/jimi.v3i2.283
May, V., Ginting, N., Cahyadi, D., Kristiawan, B., & Novirsari, E. (2024). Pengaruh Promosi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Honda Idk. IJMA (Indonesian Journal Of Management and Accounting), 5(2), 262–270. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/article/view/4464%0Ahttps://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/article/download/4464/2368
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/749
Nainggolan, H., Hastuti, D., Hendriyani, C., Hernando, R., Dulame, I. M., Afriyadi, H., & Wijaya, B. K. (2023). Manajemen Pemasaran (implementasi manajemen pemasaran pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nugroho, F. S. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Store Image Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen yang Pernah Berkunjung dan Berbelanja di Toko H&M DP Mall Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).
Paransa, R. P. J., (2024). Pengantar Manajemen Pemasaran Digital. Nas Media Pustaka.
Putri, R., & Dwiyanto, B. M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Wingko Babat Pak Moel di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(1).
Riyanto, S., & Hermawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Rozi, I. A., & Khuzaini, K. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).
Saifuddin, M. (2024). of Work: Strategi Efektif Pemasaran Produk Lokal di Era Digital.
Salifia, H. F. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Mana Social Cafe Jalan Buah Batu Kota Bandung (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Sari, D. C., Wardhana, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen pemasaran. Media Sains Indonesia.
Setyaningsih, D. K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Di Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 311-318.
Soetiyono, A., Kurnia, Y., & Kurnia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. ECo-Buss, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1169
Sterie, W. G., Massie, J. D. D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 3139–3148.
Sunarjo, W. A., Ilmiani, A., & Kamila, N. P. (2023). Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital sebagai Upaya Peningkatan Omset bagi UMKM Batik di Era Society 5.0. DIMASEKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-10.
Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160-166.
Tenima, Y. C., Moniharapon, S., & Lintong, D. C. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Social Media Advertising dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bakso Surabaya di Bahu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1367-1378.
Yulianti, L., & Baehaqi, M. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pusaka Indah Swalayan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 5(1), 94-105.
Zahroh, L. A., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. INVESTI: Jurnal Investasi Islam, 6(1), 744-762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.