Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Muatan Heuristic Dalam Membentuk Kompetensi Siswa Di Mi Plus Walisongo Trenggalek
Integrated Thematic Learning Strategy Based on Heuristic Content in Shaping Student Competence at Mi Plus Walisongo Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.314Keywords:
Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu, Muatan Heuristic , Kompetensi SiswaAbstract
Penelitian ini mengkaji mengenai strategi pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), sajian data (data display), serta verifikasi dan simpulan data (conclution drawing and verification). Hasil penelitiannya 1) Pendekatan pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di MI Plus Walisongo Trenggalek, dilakukan dengan: a) dimulai dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok mendapat nomor. b) Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya. c) kelompok berdiskusi jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui setiap jawaban. d) guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka. e) Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain dan kesimpulan. 2) Metode pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi. Selain itu dengan penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan sehingga dari kesatuan tersebut didapat pengertian bahwa pembelajaran yang harus menyenangkan bagi siswa. 3) Teknik pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di MI Plus Walisongo Trenggalek, yang dilakukan dengan guru dengan penggunaan media power point. Selain itu penerapan media audio visual video dalam meningkatkan kompetensi siswa dilakukan dengan jalan Guru dalam mengajar pastinya mempersiapkan media yang akan digunakan yaitu media audio visual khususnya video. 4) Evaluasi pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa di MI Plus Walisongo Trenggalek, pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa di sini dilaksanakan pada awal kegiatan, tengah kegiatan pembelajaran, akhir kegiatan pembelajaran. Evaluasi ini termasuk jenis evaluasi formatif dan sumatif, yang pelaksanaannya membutuhkan waktu khusus untuk melaksanakan evaluasi sehingga evaluasi benar-benar telah disiapkan secara matang, begitu pula pelaksanannya. Karena untuk melihat hasil selama proses pembelajaran tidak mungkin evaluasi langsung dilaksanakan sepenuhnya. Untuk itu penilaian yang berbentuk sub sumatif (mid semester) dilaksanakan tidak lain bertujuan untuk melihat hasil dari kegiatan yang telah berlangsung selama beberapa kali pertemuan.
References
Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: DIVA Press, 2013
Anita Lie, Cooperative Learning Jakarta: Gramedia, 2010
Diah Handayani dkk, Jurnal Respirologi Indonesia (Penyakit Virus Corona 2019), J Respir Indo Vol.40 No. 2 April, 2020, hlm. 120, https://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article/download, Tanggal 02 September 2020, pukul 11.51 WIB.
Dzauujak Ahmad, Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud 1996
Eva Handriyantini, Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif dan Menyenangkan, Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, 2020 .
Gempur Santosa, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005
Ika. Supriyati, “Penerapan Metode Diskusi dalam PembelajaranKeterampilan Berbicara pada Siswa Kelas Viii MTSN4 Palu”. Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume (5), Nomor (1). 2020.
InaMagdalena, Nurfidia Azhari, Hesti Sulistia, Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif, Menyenangkan Di SD Negeri 1 Pegagan Lor, Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020
J. Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Edisi Revisi 2011
Kemendikbud, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum , (Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013
Kemendikbud, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum , Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013
Lilik Norviyanti, dkk. Evaluasi Pembelajaran, Surabaya: LAPAS-PGMI,2008
M. Ibrahim, dkk, Pembelajaran Kooperatif Surabaya : University Press, 2000
Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi Jakarta:Gp Press,2007 .
Nurmala, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IX.5 SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013”, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 4. No.1 (2016): h. 66
Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum , Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012
Sardiman AM., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Suharsimi Arikunto, Prosedur suatu penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: 2007
Triyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Ombak, 2013
Wahyu Aji Fatma Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Edukatif, Vol 2 No. 1, April 2020, hlm. 2, https://edukatif.org/index.php
Wahyu Aji Fatma Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Edukatif, Vol 2 No. 1, April 2020, hlm. 4, https://edukatif.org/index.php/edukatif/article, Tanggal 2 September 2020, pukul 13. 25 WIB.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada. 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.