Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1307Keywords:
Media Powerpoint, Media Pembelajaran, Minat BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran powerpoint dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas III SD Negeri Mandala 03. Hasil penelitian disimpulkan: adanya peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan media powerpoint sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil angket dan wawancara dimana peserta didik lebih senang dan semangat belajar menggunakan media. Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi dari aktivitas belajar peserta didik adanya peningkatan belajar yaitu sebesar 35,47 % dan dikategorikan sangat baik, sedangkan hasil tes peserta didik menunjukkan dari 22 peserta didik yang tuntas sebanyak 19 peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media powerpoint mampu menjadi media yang efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
References
Gumawang. (2005). Belajar Mandiri Microsof Office Powerpoint 2007. Jakarta; Elex Media Komputindo.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran (berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.