Optimalisasi Affiliate Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran Digital Bagi UMKM Di Era 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Penjualan Pada Umkm Kedung Waringin

Authors

  • Eko Setia Budi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ade Priyatna Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eva Zuraidah Universitas Bina Sarana Informastika
  • Nur Muthitussolehah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dandy Huffaz Ichlamsyah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Maya Habsyi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i2.8175

Keywords:

Kedung Waringin MSMEs, 4.0 Era, Affiliate Marketing Optimization, Digital Economic Potential.

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dijalankan oleh dosen Perguruan Tinggi dalam rangka menjalankan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi. Dosen memiliki kewajiban dalam melaksanakan kewajiban untuk berbagi ilmu pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki kepada masyarakat luas yang memerlukan bantuan. Salah satu mitra yang membutuhkan dukungan yaitu UMKM Kedung Waringin yang berada di Kecamatan Bojonggede desa kedung waringin. Awalnya hanya beranggotakan beberapa orang pelaku UMKM, alhamdulillah saat ini sudah terdata kurang lebih 160 pelaku UMKM yang menjadi anggota forum. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pedagang kecil dan pekerja pabrik. Terdapat beberapa warga yang memiliki keterampilan dalam bidang kuliner, kerajinan tangan, elektronik, dan perbengkelan. Potensi Ekonomi yang saat ini sedang berkembang yaitu terdapat beberapa UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang turut membantu perekonomian keluarga.  Namun masih ada banyak kendala yang dihadapi mitra terutama dalam hal personil branding, pemasaran dan penyajian iklan menggunakan media elektornik. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra UMKM Kedung Waringin dengan cara memberikan pelatihan Optimalisasi affiliate marketing sebagai alternatif pemasaran digital bagi umkm di era 4.0 untuk meningkatkan daya saing dan penjualan. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di Aula Serbaguna RW 016, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Target luaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah publikasi kegiatan pelatihan ini pada media elektronik atau cetak berskala nasional.

References

Anita Ratnasari, Wachyu Hari Haji, Vina Ayumi, and Sri Dianing Asri. 2024. “Strategi Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar Di Era Industri 4.0.” Jurnal Sinergi 6(2):7–13. doi: 10.59134/sinergi.v6i2.667.

Awa, Awa, Apay Safari, and Anti Riyanti. 2024. “Peran Digital Marketing Pada UMKM Dengan Prinsip-Prinsip Syariah.” Manajemen Dan Pariwisata 3(2):249–73. doi: 10.32659/jmp.v3i2.378.

Chalim, Munsharif Abdul, Peni Rinda Listyowati, Lathifah Hanim, and MS. Noorman. 2022. “Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Koperasi Modern Dan Umkm Berdasarkan Pp No. 7 Tahun 2021.” Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum 1(01):21–29. doi: 10.24967/jaeap.v1i01.1490.

Dewi, Jenny Kartika, Jannes Velando, and Vanessa Stephanie. 2023. “Kunjungan Ke Panti Asuhan Daarul Ishlah Batam Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat.” National … 5(September):357–60.

Dewi Primadona Siregar1, Juliana Putri, and ... 2024. “Strategi Pemasaran Dan Urgensi Sertifikasi Halal Di Era Digital.” … Uin Sunan Gunung … 2(2):29–44.

El Ghifari, Luthfia Fazra, and Moh. Supendi. 2024. “Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe.” Jurnal Niara 13(2):78 sd 85. doi: 10.31849/niara.v16i3.15295.

Herdawati1, dan Hardianti Hafid. 2024. “Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Volume 02 Nomor 01 (Maret) 2024 OPTIMALISASI CANVA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAGI PELAKU UMKM JAJANAN TRADISIONAL.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) 02(1).

Laurentinus, Laurentinus, Hengki Hengki, Sarwindah Sarwindah, Okkita Rizan, and Hamidah Hamidah. 2022. “Optimasi Tipe Affiliate Digital Marketing Terhadap Produk Umkm Dengan Model Deskripsi Clustering.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2(4):1709–14. doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i4.4624.

Robby Aditya, R. Yuniardi Rusdianto. 2023. “Penerapan Digital Markerting Sebagai Strategi Pemasaran Umkm.” Jurnal Pengabdian Bukit Pengharapan 2(2):96–102. doi: 10.61696/jurdian.v4i1.280.

Setiawan, Topan, and Fanny Hendro Aryo Putro. 2021. “Pemanfaatan Graphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM Di Cepogo Boyolali.” Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 2(12):53–56.

Syaefulloh, Iqbal. 2021. “Al – Kalam Issn 2355-3197.” Al-Kalam 8(1):75–90.

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Eko Setia Budi, Ade Priyatna, Eva Zuraidah, Nur Muthitussolehah, Dandy Huffaz Ichlamsyah, & Maya Habsyi. (2025). Optimalisasi Affiliate Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran Digital Bagi UMKM Di Era 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Penjualan Pada Umkm Kedung Waringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 5(2), 296–301. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i2.8175

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.