PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN GERAKAN PEMUDA ANSHOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN WAWASAN KEAGAAMAAN DAN NASIONALISME MASYARAKAT DESA PASINAN BOJONEGORO
ASSISTANCE AND TRAINING OF THE ANSHOR YOUTH MOVEMENT AS AN EFFORT TO IMPROVE RELIGIOUS INSIGHTS AND NATIONALISM OF THE COMMUNITY OF PASINAN BOJONEGORO VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i1.230Keywords:
Pelatihan, Keagamaan, NasionalismeAbstract
Seiring dengan globalisasi dan informasi yang semakin modern di masa ini, manusia dihadapkan pada permasalahan yang semakin beragam. hal ini juga terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat selalu membawa imbas positif terhadap masyarakat, tak lupa juga membawa imbas yang berefek negatif. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Holger Borner dalam sambutannya di acara Konferensi Internasional di Paris ia mengatakan bahwa globalisasi sebenarnya telah menjadi mode. Walaupun demikian, kualitas kecepatan dalam berhubungan sosial itu sekarang menemukan dimensidimensi baru. Setiap orang yang hidup dalam masyarakat sejak bangun tidur sampai dengan bangun lagi atau dengan kata lain seluruh waktunya, secara kodrati terlibat dalam komunikasi. Komunikasi terjadi sebagai konsekuensi dari adanya hubungan sosial ( sosial relation ) komunikasi akan terjadi apabila ada dua atau lebih orang dalam masyarakat. Pendidikan Agama Islam merupakan bimbingan dan asuhan terhadap anak didik supaya kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam serta menjadikannya way of life (jalan hidup) sehari-hari dalam kehidupan pribadi maupun sosial masyarakat.
References
Musa Asy’arie, Filsafat Islam Tentang Kebudayaan, Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam, 1999
Zakiyah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan
Arifin, Ilmu Pendidikan,2003
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, jakarta: Rajawali Pers, 2012
Tim Prima Pena, Kamus …,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.