Implementasi Ilmu Pengetahuan Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere di Dusun Loang
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i3.188Keywords:
ilmu pengetahuan; implementasi; pembelajaranAbstract
Ilmu pengetahuan adalah sekumpulan informasi yang didapatkan dan segala sesuatu yang diketahui oleh manusia, sedangkan implementasi merupakan suatu bentuk penerapan terhadap sesuatu. Implementasi ilmu pengetahuan mahasiswa diberikan kepada anak-anak yang berdomisili di dusun Loang, Desa Kojagete, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan konsep dasar ilmu pengetahuan dan membentuk karakter anak-anak dengan cara yang interaktif. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada anak-anak di dusun Loang mencakup pembelajaran dasar Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, dan Pembelajaran Agama. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa proses implementasi dan penerapan pembelajaran ilmu pengetahuan dilaksanakan dengan baik, ditandai dengan sikap antusias dan kesiapan anak-anak dalam menerima pembelajaran sesuai dengan karakter budaya masyarakat setempat. Berdasarkan kegiatan ini, sebagai tindak lanjut, diharapkan kegiatan implementasi ilmu pengetahuan mahasiswa dapat terus dilaksanakan sebagai bentuk penerapan hasil pembelajaran yang telah didapatkan oleh mahasiswa selama berada di bangku kuliah.
References
Afandi, R. (2011). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIA, 1(1), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 2, 33–49.
Rusuli, I., Zakiul, D., & Daud, F. M. (2015). Ilmu Pengetahuan Dari John Locke Ke Al-Attas. Aceh: Jurnal Pencerahan, 9(1), 12–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.