PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA JASA LAUNDRY DI KELURAHAN MADE LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i3.1874Keywords:
Digital, Laundry, Marketingisi.Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan digital marketing pelaku UMKM jasa laundry dengan memafaatkan social media. Pelaksanaan kegiatan pengabmas ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktek secara langsung dengan pembuatan iklan atau pemasaran pada media sosial. Hasil pendampingan juga memperlihatkan bahwa Melalui transformasi digital, pelaku bisnis mampu memperkuat proposisi nilai produk dan jasa yang ditawarkan, mengidentifikasi segmen pelanggan, menjangkau lebih luas pelanggan
References
Almaazmi, J., Alshurideh, M., Al Kurdi, B., & Salloum, S. A. (2020). The Effect of Digital Transformation on Product Innovation: A Critical Review. International Conference on Advanced Intelligent Systems and Informatics, 731–741. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-58669-0_65
Chatterjee, S., & Kar, A. K. (2020). Why do small and medium enterprises use social media marketing and what is the impact: Empirical insights from India. International Journal of Information Management, 53, 102103.
Effendy, F., Nuqoba, B., Justitia, A., & Werdiningsih, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Inventaris Bagi Petugas Poliklinik Di Kawasan Pemulung Rangkah Surabaya. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(1), 15. https://doi.org/10.36339/je.v5i1.397
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13.
Galati, A., Crescimanno, M., Tinervia, S., & Fagnani, F. (2017). Social media as a strategic marketing tool in the Sicilian wine industry: Evidence from Facebook. Wine Economics and Policy, 6(1), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.wep.2017.03.003
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Justitia, A., Zaman, B., Hendradi, R., Retrialisca, F., & Salim, R. (2021). Training of Kahoot! as An Interactive Game-based Learning Evaluation Platform for Students. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.20473/dc.V3.I1.2021.19-23
Khafidhatur Rafiah, K., & Hapsari Kirana, D. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. JESYA (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45
Luarn, P., Lin, Y.-F., & Chiu, Y.-P. (2015). Influence of Facebook brand-page posts on online engagement. Online Information Review, 39(4), 505–519. https://doi.org/10.1108/OIR01-2015-0029
Munir, A. R., Maming, J., Kadir, N., Ilyas, G. B., & Bon, A. T. (2019). Measuring the effect of entrepreneurial competence and social media marketing on small medium enterprises’ competitive advantage: a structural equation modeling approach. The 3rd International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Pilsen
Sari, E. N., Handayani, L., & Saufi, A. (2017). Hubungan Antara Umur dan Masa Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Laundry. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 13(2), 183–194.
Setiawan, T., & Putro, F. H. A. (2021). Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM Di Cepogo Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 53–56
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.