Dari Ladang ke Layar Kaca: Pemberdayaan Technopreneurship pada UMKM Erawadee dan Bee Farm Thailand Menuju Industri Digital
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i1.7386Keywords:
Industri Agrobisnis, Pengabdian Kepada Masyarakat, Pemberdayaan UMKM, Digitalisasi Usaha, TechnopreneurshipAbstract
Transformasi digital telah membuka peluang besar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional melalui technopreneurship. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM agrobisnis Erawadee dan Bee Farm di Thailand agar mampu beradaptasi dan berkembang dalam ekosistem digital. Pendekatan yang digunakan melibatkan pelatihan intensif mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam kewirausahaan, termasuk penguatan pola pikir kewirausahaan digital, identifikasi peluang berbasis data, strategi pemasaran digital, serta optimalisasi platform daring sebagai kanal distribusi. Meskipun prinsip dasar kewirausahaan tetap relevan, kewirausahaan digital menuntut pelaku usaha untuk terhubung secara aktif dengan masyarakat digital serta mampu mengelola dan mengombinasikan berbagai sumber daya digital seperti data terbuka, konten daring, layanan cloud, dan kontribusi komunitas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan technopreneurship secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesiapan digital para pelaku UMKM, serta membuka potensi kolaborasi lintas platform yang lebih luas. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam meminimalisir hambatan kewirausahaan sekaligus mendorong UMKM menuju industri digital yang lebih adaptif dan kompetitif.
References
Amalina, N., Erikawati, C., & Haziroh, A. L. (2024). Pengendalian Manajemen Sebagai Upaya Mengoptimalkan Kinerja Keuangan. Jurnal Manajerial, 11(03), 454-483.
Chalmers, D., et al. (2020). Artificial intelligence and entrepreneurship: Implications for venture creation and entrepreneurial ecosystems. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 27(1), 9–30.
Isa, K., et al. (2024). Leveraging Social Media Networks' Impact on Technopreneurship. International Journal of Advanced Science Computing and Engineering, 6(1), 36-44.
Kraus, S., et al. (2020). Digital entrepreneurship: A research agenda on new business models for the twenty-first century. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 26(2), 406–422.
Lati, L. S. D., & Falah, A. S. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Berfokus Pemasaran Digital. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1402-1410.
Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029–1055.
Nasir, M. S., Saleh, R., & Yuniarti, D. (2024). Upaya Optimalisasi Kemampuan Entrepreneurship Era Digital. JICS: Journal Of International Community Service, 3(01), 1-16.
Onileowo, T., & Muharam, F. M. (2024). Techno-Entrepreneurship, Relevance Of Techno Entrepreneurship, Challenges of Technology Entrepreneurship. International Journal of Innovation and Business Strategy (IJIBS), 19(1), 1-9.
Pholphirul, P. (2021). Digital Literacy and SMEs in Thailand: Challenges and Policy Recommendations. Journal of Development Policy, 14(2), 45–60.
Putra, F. I. F. S., Budiantoro, R. A., Luxfiati, B. A., & Widawati, M. W. (2020). Consumer Satisfaction Behavior Whom Purchase Chinese Smartphone in Soloraya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(3), 588-596.
Putra, F. I., Haziroh, A. L., Aqmala, D., & Azzura, E. (2025). DATING: Digital marketing training and empowerment program to increase Solo Raya souvenir MSMEs sales performance. JOCESS: The Journal of Community Empowerment and Sustainability Services, 1(1), 1-10.
Santoso, B., Hufad, A., Wahyudin, U., & Inoue, H. (2024). Digital Literacy Transformation: Digital Marketing Competence for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Journal of Nonformal Education, 10(2). 1-13.
Sehabuddin, A., Widodo, J., Murniawaty, I., Musthofa, U., Budiantoro, R. A., & Alrizqi, D. G. (2023). How Does Dynamic Capability Affect Competitiveness? Environmental Dynamics as a Moderating Variable. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 15-29.
Srijani, N., Riyanto, S., Hariyani, D. S., & Prastyaningrum, I. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Digital Entrepreneurship Pada Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1707-1714.
Sudirman, N. (2025). Digital Entrepreneurship and Business Innovation: Strategies for Indonesian SMEs in the Era of Industry 4.0. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1), 24-34.
Widjajanti, K., & Jumbri, I. A. (2025). Technopreneurship, innovation capability and social media marketing as catalysts for competitive advantages: A study of batik MSMEs in Pekalongan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 7(8), 2025367-2025367.
Wulandari, A., et al. (2024). Digital Capability and Literacy for MSME Transformation: Perspectives of Digital and Business Performance. APMBA (Asia Pacific Management and Business Application), 13(2), 109-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.