Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee

Authors

  • Nyoman Dewi Pitaloka Cahyadi Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Nyoman Dian Sudewi Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Dera Yanthi Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Ayu Trisna Febrianty Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gst. Ayu P. Jesika Sita Devi N Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v4i3.6562

Keywords:

purchasing decisions, digital marketing , app usability perceptions

Abstract

The industrial revolution has encouraged companies to adopt technology in their business operations. The purpose of this study is to examine the influence of perceptions of application usability and digital marketing on consumer purchasing decisions through applications. The study was conducted in the Denpasar area with a sample of 100 respondents. Data analysis in this study utilized multiple linear regression analysis. The results indicate that perceptions of app usability and digital marketing significantly influence consumer purchasing decisions through apps, both partially and simultaneously. Recommendations include that companies enhance app features and incorporate promotions within their apps.

References

Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: Sebuah tinjauan literatur. JIPIS, 31(2).

Afifah, N. N., Sitorus, G., & Noviarti. (2023). Pengaruh harga, promosi, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening di Pasarnow. Jurnal Satya Mandiri, 9(2), 28–39. https://doi.org/10.54964/satyamandiri.v9i1

Arif, Y. W. T., & Listyorini, P. I. (2020). Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) dalam keyakinan dan perilaku penggunaan sistem informasi manajemen rumah sakit. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(2), 2087–0868.

Aryani, M. (2021). Analisis digital marketing pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Visionary (VIS), 6(1).

Badan Pusat Statistik (BPS) Bali. (2024). Persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang mengakses teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam 3 bulan terakhir menurut kabupaten/kota di Provinsi Bali, 2019–2023.

Febrian, W. D., Sani, I., Sari, O. H., Al Faruq, M., & Abdullah. (2025). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian produk UMKM di era 5.0. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1).

Fore Coffee. (2025). [Press release] Fore Coffee revolutionizes the market with premium affordable coffee innovations.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Isma, R. A., Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). The influence of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk on purchase interest and use behavior through Bukalapak application in Samarinda. Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Juliana, D., Yunita, I., & Susanto, B. F. (2025). Pengaruh teknologi digital terhadap perilaku konsumen di era industri 4.0. Jurnal Mahasiswa Ekonomi Bisnis (JMEB), 2(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of marketing (18th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Inc.

Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1). https://doi.org/10.7454/jabt.v6i1.1094

Naufal, M. D. D., & Nalurita, S. (2023). Pengaruh promosi dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian ShopeeFood pada mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1).

Patappa, A. M. (2025). Pengaruh efisiensi operasional dan penggunaan teknologi digital pada Fore Coffee terhadap kepuasan pelanggan melalui pengalaman konsumen sebagai mediasi. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan, 13.

Putriadita, D. (2024). Fore raih ROAS 45 kali dan jangkau jutaan anak muda lewat platform digital. Kontan.co.id.

Razak, M. I., Taan, H., Yanto Niode, I., & Artikel, R. (2024). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness pada McDonald’s Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, 1(6), 291–304. https://doi.org/10.62335

Rosanti, M., & Wirawan, S. (2024). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian produk pada e-commerce Shopee (studi kasus mahasiswa/mahasiswi STIA Tabalong). JAPB: Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 7(2).

Sefhiani, W., & Winarto. (2024). Pengaruh kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID. Journal of Accounting and Business, 50–64. https://doi.org/10.30649/jab.v3i1.182

Simamora, A. M., & Zuhra, S. E. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian pada konsumen TikTok Shop di Banda Aceh dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 8(3).

Sitompul, E. V., & Anom, E. (2024). Pengaruh komunikasi pemasaran digital dan persepsi kemudahan penggunaan aplikasi belanja online terhadap keputusan pembelian produk skincare: Studi pada pengguna aplikasi SOCO by Sociolla. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH), 4(1). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparman, E. F., Sari, S. P., Zaky, M., & Rahim, E. (2025). Analisis strategi pemasaran Fore Coffee dalam meningkatkan daya saing di industri minuman kopi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 428–435. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index

Wijaya, I. G. N. S., & Ekayasa, M. D. (2022). Perilaku keputusan pembelian generasi Y dan Z dalam penggunaan e-commerce di masa pasca pandemi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7(2).

Yoganata, M. W. (2024). Transformasi e-business di era Society 5.0 mengubah perilaku konsumen dan model bisnis. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 54–68. https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.402

Zed, E. Z., Indriani, S., & Wati, S. F. (2025). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di era e-commerce. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 4(1), 171–180. https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4740

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Cahyadi, N. D. P., Sudewi, N. N. D., Yanthi, N. P. D., Febrianty , P. A. T., & Devi N, I. G. A. P. J. S. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(3), 34–42. https://doi.org/10.55606/jimek.v4i3.6562

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.