Pengaruh Brand Global dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening: Studi pada Merek Indomie di Kalangan Mahasiswa Universitas Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v5i2.6375Keywords:
global brand, product quality, consumer satisfaction, consumer loyalty, IndomieAbstract
Global brand competition and the importance of product quality are key factors in shaping consumer loyalty, especially among students as young consumers. This study aims to analyze the influence of global brands and product quality on consumer loyalty with consumer satisfaction as an intervening variable. The object of the research is a student of the University of Palangka Raya as a consumer of the Indomie brand. The approach used is quantitative with the Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) method, based on data from 75 respondents selected through purposive sampling techniques. The results of the study show that product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction and loyalty. Consumer satisfaction has also been shown to have a significant effect on loyalty and mediates the relationship between product quality and consumer loyalty. In contrast, global brands do not have a significant influence on consumer satisfaction or loyalty. These findings emphasize that product quality has a more dominant role than global brand image in shaping consumer loyalty to Indomie.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.
DeVellis, R. F. (2017). Pengembangan skala: Teori dan aplikasi (Edisi ke-4). Sage Publications.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku konsumen (Edisi ke-8). Dryden Press.
Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2005). Loyalitas pelanggan: Cara mendapatkannya, cara mempertahankannya (Edisi ke-2). Jossey-Bass.
Hair, J. F., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Black, W. C. (2019). Analisis data multivariat (Edisi ke-8). Cengage Learning.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). Pengantar pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM) (Edisi ke-2). Sage Publications.
Jennifer, J., & Laulita, N. B. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mie instan dengan mediasi kepuasan pelanggan. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 13(2), 184–199.
Johansson, J. K. (2000). Pemasaran global: Masuknya asing, pemasaran lokal, dan manajemen global (Edisi ke-2). McGraw-Hill.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-15). Pearson Education.
Maraini, M., Prabowo, R., Jannah, S. M., & Hutabarat, Y. L. (2024). Pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk Indomie. Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen), 4(1), 4–8.
Oliver, R. L., & DeSarbo, W. S. (1988). Penentu respons dalam penilaian kepuasan. Jurnal Penelitian Konsumen, 14(4), 495–507.
Rizki, P. A., & Prabowo, B. (2022). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk Indomie melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap loyalitas pelanggan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1543–1553.
Safitri, I., & Mauludi, A. (2022). Pengaruh brand image, brand trust, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk Emina Cosmetics pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Satu Tulungagung angkatan tahun 2018. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(3), 305–320.
Sayekti, M. D., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2511–2524.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Metode penelitian untuk bisnis: Pendekatan pengembangan keterampilan (Edisi ke-7). Wiley.
Septianingrum, S. H., Triyono, T., & Fajri, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Administrasi Karya Dharma, 2(2), 20–33.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Weiner, B. (1971). Memahami penyebab keberhasilan dan kegagalan. General Learning Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.