PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA KONSUMEN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1805Keywords:
Brand Image, Kualitas Produk, , Harga, Keputusan PembelianAbstract
Fashion adalah sesuatu yang dipakai di tubuh untuk berbagai tujuan, seperti sebagai penutup tubuh, aksesoris, dan identitas pemakainya. Sebuah survei yang dilakukan pada Juni 2020 tentang presentase barang yang paling banyak dibeli orang Indonesia menunjukkan bahwa 70% masyarakat Indonesia lebih banyak membeli produk fashion daripada produk-produk yang lainnya. Konsumen mempertimbangkan banyak hal saat memilih produk fashion, baik secara offline maupun e-commerce, termasuk kualitas dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dampak dari ketiga variable bebas yang diteliti terhap keputusan pembelian pelaggan untuk barang fashion pada konsumen di Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menyelidiki faktor apa saja yang dapat mengubah keputusan konsumen dalam membeli suatu produk, seperti citra merek, kualitas dan harga. Untuk penellitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yaitu mengumpulkan informasi dari berbagai penelitian sebelumnya dengan topik yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang dapat mengubah keputusan konsumen dalam membeli suatu produk yaitu: citra merek, harga dan kualitas. Penelitian ini diharapakan agar bisa sebagai tambahan pertimbangan bagi pelaku usaha di dunia fashion dalam menyusun strategi brand, produk dan harga.
References
Abdhul, Y. (2022). Studi Literatur: Cara Membuat dan Contoh. https://deepublishstore.com/blog/studi-literatur/
Ahdiat, A. (2022). Banyak Konsumen Lebih Pilih E-Commerce untuk Belanja Fashion. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Anwar, A. F., Darpito, S. H., & Nurrohim, H. (2022). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price terhadap Niat Beli Survei Pada Generasi Muda Calon Konsumen Produk Thrift di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(2), 327–336. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1422
Azkiya Dihni, V. (2022). 10 Merek Fesyen Favorit Masyarakat Indonesia, Siapa Juaranya? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/10-merek-fesyen-favorit-masyarakat-indonesia-siapa-juaranya
Esterina Christy, F. (2020). Orang Indonesia Lebih Suka Belanja Pakaian. https://data.tempo.co/data/953/orang-indonesia-lebih-suka-belanja-pakaian
Fasha, H. F., & Madiawat, P. N. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk ZARA di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 1(2), 274–282.
Ilyas, M. A. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus pada PT. Citra Mulia Madura). 26–27.
Kusuma, S. S., Wijayanto, A., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 807–813. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892
Loviga, L. T., & Febriyantoro, M. T. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Produk Erigo. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 341–355.
Mulyati, S. (2020). Winter journal: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP iPhone. Imwi Student Research Journal, 1(1), 22–30.
Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–9.
S, S. F. T. (2020). Analisis pengaruh citra merek, persepsi harga, dan persepsi kualitas terhadap loyalitas merek. 2(2), 170–179.
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.
Thabroni, G. (2022). Brand Image (Citra Merek): Pengertian, Indikator, Manfaat, dsb. https://serupa.id/brand-image-citra-merek-pengertian-indikator-manfaat-dsb/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.