Pengaruh Self-Expressive Value of Brand terhadap Purchase Intention melalui Brand Love
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1800Keywords:
Kecintaan merek, Minat beli, ; Nilai ekspresi diri dari merekAbstract
Semakin berkembangnya teknologi mendorong semakin banyak pula perusahaan bermunculan dengan merek baru untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen. Suatu merek atau brand dapat dikatakan memiliki nilai ekspresi diri yang tinggi apabila dapat mendorong konsumen dalam mengekspresikan dirinya kepada orang lain. Brand yang dapat memenuhi kebutuhan dan mempermudah dalam mengekspresikan diri akan cenderung dicintai oleh konsumennya (Brand love). Dari adanya brand love ini lah yang pada akhirnya dapat mendorong konsumen untuk memiliki minat beli terhadap produk dari brand yang dicintainya. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh self-expressive value of brand terhadap brand love. (2) Mengetahui pengaruh brand love terhadap purchase intention. (3) Mengetahui pengaruh Self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengulas pengaruh self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh dari self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love.
References
Arviana, Geofanni. N. (2021, Juni 11). Mendalami apa itu brand loyalty beserta cara meningkatkannya. Diakses pada 24 Mei 2023. Glints: https://glints.com/id/lowongan/brand-loyalty-adalah/#.ZHZCaXZBy5c
Angelika, Fiony dan Setiawan, Sandy. (2020, September). Pengaruh self-expressive Brand terhadap E-Loyalty dan E-WOM dengan Mediasi Brand Love pada E-Commerce Sociolla. Diakses pada 24 Mei 2023. Journal of Accounting and Business Studies: https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/download/480/381
Aziz, Norzalita Abd., Ngah, Hafaz. (2019, April 30). The Effect of Self Expressive Value and Perceived Value on Malaysian Cosmetic Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Identification and Word of Mouth. Diakses pada 24 Mei 2023. Asia-Pacific Management Accounting Journal: https://ir.uitm.edu.my/29369/1/29369.pdf
Fajri, Dwi. L. (2022, Maret 7). 10 cara membangun personal branding dan contohnya, diakses pada 24 Mei 2023, dari https://katadata.co.id/agung/berita/62253a5385cb7/10-cara-membangun-personal-branding-dan-contohnya
Hermanto, Olivia Melisa., Jaolis, Ferry. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Hedonic Product dan Self-Expressive Value Terhadap Willingness to Pay a Premium dengan Brand Love pada Toko Ritel Zara. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 6, No. 1. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/8030
Melanie. (2021, Maret 29). Inovasi dan Pengembangan Produk Baru, Mengapa Itu Penting, diakses 26 Mei 2023, dari https://www.indonesiana.id/read/146342/inovasi-dan-pengembangan-produk-baru-mengapa-itu-penting
Melani, Agustina. (2023, Mei 17). War Tiket Presale BCA Antre hingga 500 ribu users, Sandiaga Uno sebut peconta Coldplay mohon bersabar ini ujian, diakses 31 Mei 2023, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/5289387/war-tiket-presale-bca-antre-hingga-500-ribu-users-sandiaga-uno-sebut-pencinta-coldplay-mohon-bersabar-ini-ujian
Naufal, Muhammad Hisyam., Maftukhah Ida. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Intention Decision melalui Word of Mouth. Management Analysis Journal 6 (4). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/15121/9936
Octa, Agus. (2021, Agustus 6). Kepuasan pelanggan bag 3: 3 sentuhan faktor emosional. Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://distribusipemasaran.com/faktor-emosional-kepuasan-pelanggan/
Octavilia, Della. (2022, July 11). Alasan pentingnya personal branding & cara membangun personal branding, diakses 24 Mei 2023 dari https://landx.id/blog/pentingnya-personal-branding-dan-cara-membangun-personal-branding/
Oliver, Andre. (2022, Januari 15). Apa itu brand? Yuk, pelajari arti, nilai binis, dan elemen-elemennya disini, diakses 24 Mei 2023, dari https://glints.com/id/lowongan/brand-adalah/#.ZHZB-XZBy5c
Riadi, Muchlisin. (2023, Februari 25). Purchase intention – pengertian, aspek, jenis dan indikator, diakses 26 Mei 2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2023/02/purchase-intention.html
Rofianto, Whony dan Wulandari, Betari. G. (2019). Faktor pembentuk brand love dan implikasi terhadap customer intention: studi pada konteks jasa Pendidikan tinggi. Diakses pada 24 Mei 2023. Jurnal Ekonomi Keuangan dna Manajemen: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/6469/868
Samlaa. (2023, Maret 17). Studi Literatur: Pengertian, ciri-ciri, dan Teknik pengumpulan datanya, diakses 26 Mei 2023, dari https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
Santoso, Abdi. (2019, November). Apa yang dimaksud dengan Purchase intention. Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-purchase-intention/121516
Silvia Agustina, Keni. (2019). Brand Image dan Self-Expressive untuk Memprediksi Word of Mouth: Brand Love sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 1. http://dx.doi.org/10.24912/jmk.v1i1.2793
Sismy, Muliani. M., Nasution, Aulia. A., dan Syafii, Indra. (2022). Pengaruh Self Expressive Brand terhadap Brand Acceptance melalui Word of Mouth. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan: Vol. 1 No. 2, hal 160-173. http://dx.doi.org/10.55983/inov.v1i2.113
Tamanal, Florenzia. E. E., Fajarwati, Diana., dan Hadi, Dwi. P. (2022). Analisis Pengaruh Brand Management dan Brand Love terhadap Brand Equality dan Purchase Intention Handphone Merek Samsung. Sibatik Journal: Vol. 1 No. 12. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.426
Thabroni, Gamal. (2022, November 14). Fungsi Bahasa: Informasi, ekspresi diri, instrumental, interaksional, dll, diakses 24 Mei 2023, dari https://serupa.id/fungsi-bahasa-informasi-ekspresi-diri-instrumental-interaksional-dll/
Theodores, Tirza. N. Analisis pembentukan brand love pada konsumen online art merchandise (Studi kasus pada konsumen online art merchandise local merek jellipeach). Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/7638/6579
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.