Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Roti Mako Cake And Bakery Jatinangor Town Square

Authors

  • Ahmad Hisam Umar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM)
  • Pemilia Sulistyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM)

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaemb.v5i3.7714

Keywords:

product quality, brand image, price, purchase decision, Mako Cake and Bakery

Abstract

This study aims to analyze the effect of product quality, brand image, and price on consumer purchase decisions at Mako Cake and Bakery Jatinangor Town Square. A quantitative approach using a survey method was applied. A total of 100 respondents were selected using accidental sampling. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression in SPSS. The results showed that product quality, brand image, and price significantly influence purchase decisions both partially and simultaneously. These findings indicate that all three variables play a vital role in shaping consumer decisions and should be considered in marketing strategies.

References

[1] Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Journal Progress Conference, 2(July), 572–581.

[2] Abdul Mukhyi, M. (2023). Metodologi Penelitian Panduan Praktis Penelitian Yang Efektif (1).

[3] Amalina, F. N., Apriliani, M. P., Putri, T. N., Masruroh, U., & Anwar, R. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju “Klambiku.Kids” di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 75–85. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1046

[4] Amiruddin, Jamal, & Wahbi, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Cake & Bakery Pada Toko Aufa Kendari. Business UHO : Jurusan Administrasi Bisnis, 9(2), 635–645.

[5] Anggraini, E. D., Sudirman, R., & Fahrurrozi, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Deli Bakery Banyuwangi. Judicious, 5(1), 11–25. https://doi.org/10.37010/jdc.v5i1.1445

[6] Asep Suhendar Aprilia. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Roti The Boutique Bakery Cabang Cengkareng Jakarta Barat. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 8(2), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809

[7] Bryner, T. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda di Surabaya. Ekonomi Dan Bisnis, 2, 496–515.

[8] Fajar Saputro, & Muhammad Jalari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 266–285. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.639

[9] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

[10] Halawa, H. M., Sugiharto, B., & Bangun, N. B. (2025). Economics and Digital Business Review Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Dengan Brand Sebagai Variabel Intervening Pada Raihan Bakery Medan. 6(2), 1033–1048.

[11] Hariasih, M., Tinanto, B. T., & Indayani, L. (2024). Brand Image, Service Quality and Promotion on Alfamart Customer Satisfaction in Sidoarjo (Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamart di Sidoarjo). Journal of Regional Economics and Development, 1(3), 1–12. https://doi.org/10.47134/jred.v1i3.263

[12] Ma’ruf, N., Alfalisyado, A., Purwidianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Citra Merek Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1314–1330. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4106

[13] Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539

[14] Nasrul Efendi, Tya Wildana Hapsari Lubis, & Sugianta Ovinus Ginting. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, 28(2), 197–215. https://doi.org/10.24912/je.v28i2.1626

[15] Nofiana, L., & Wardani, R. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nabati Siip Pada Pt. Pinus Merah Abadi Di Sampit. Urnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 127–137.

[16] Nursiti, N., & Giovenna, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(1), 3817–3828. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.841

[17] Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Akuntansi), 5(3), 465–493.

[18] Nuryanti, Fawazi, M. H., Basuki, H., & Wati, J. A. (2023). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Peyek Mak Nyus Jingglong Sutojayan Blitar). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 299–310.

[19] Prasetiyawan, A., & Sabana, C. (2021). Pengaruh Brand Imange, Diferensiasi Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Delizia Bakery and Cake di Kabupaten Batang. Journal of Accounting and Management’s Student (JAM’S), xxx, 1–7. www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/jebi

[20] Purnomo, E. C. (2024). Pengaruh Promotion Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mocacino Pada Toko Meisya Di Sampit. Media Bina Ilmiah, 18(12), 3297–3312.

[21] Putu Silvia Marcelina, Yosephine Jessica Teyseran, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 252–262. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1805

[22] Rahayu, A. S. S., Tulhusnah, L., & Ediyanto. (2024). PENGARUH KEMASAN PRODUK, BRAND IMAGE, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CONATO BAKERY SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME, 3(11), 2263–2274.

[23] Rashid, F. (2022). Buku Metode penelitian Fathor Rasyid.

[24] Rika Maliana, F. B. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Tresnah Bangkalan. 2507(February), 1–9.

[25] Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

[26] Wulandari, D. (2024). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Depok. 3, 55–71.

[27] Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Ahmad Hisam Umar, & Pemilia Sulistyowati. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Roti Mako Cake And Bakery Jatinangor Town Square. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(3), 727–745. https://doi.org/10.55606/jaemb.v5i3.7714

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.