PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jaemb.v3i3.1727Keywords:
Taxpayer Perceptions About Fiscal Service Quality, Risk Preference, Taxpayer ComplianceAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of taxpayer perceptions of tax authorities' service quality on taxpayer compliance with risk preference as a moderating variable. This study uses a quantitative design. The data was obtained from distributing online questionnaires with the Google form. The sampling technique used is incidental sampling. The number of samples used amounted to 217 respondents. In this study several tests were carried out such as validity test, reliability test, classic assumption test, f-test, determinant coefficient test, t-test with a significance value of 0.05. The results of the study prove that the taxpayer's perception of the quality of tax authorities' services has a positive effect on taxpayer compliance. Risk preference cannot moderate the influence of taxpayer perceptions about the quality of tax authorities' services on taxpayer compliance
References
Ratnawati, V., & Andreas. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan: Kondisi Keuangan Dan Pengetahuan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada WPOP Non Karyawan Di Wilayah Kpp Pratama Bengkalis). Jurnal Akuntansi, Vol. 7, No. 1, Oktober 2018 : 42 - 57 ISSN 2337-43.
Fatah, Y., & Oktaviani, R. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 124-132. https://doi.org/10.32639/jiak.v10i2.715
Hooper, E. (2018). Attribution Theory: The Psychology of Interpreting Behavior
Irawati, W., & Sari, A. K. (2019). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 104–114. https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1223
Wardani, D.K., & & Wati, E. (2020). the Effect of Tax Socialization on Taxpayer Compliance With Knowledge As Intervening Variable. 3, 447–452.
Leviana, M., Adriani, A., & Norlena, N. (2022). Pengaruh pengampunan pajak, pemahaman peraturan perpajakan, pemahaman akuntansi, kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak dengan preferensi risiko sebagai variabel moderating. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3471–3488. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i8.1447
Mukhtar. (2108). Pengaruh Kesadaran Perpajakan Dan Sanksi Denda TerhadapKepatuhanWajib Pajak
Nistiana, L. D., Wardani, D. K., & Primastiwi, A. (2022). Pengaruh Literasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul. As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(2), 99–114. https://doi.org/10.56672/syirkah.v2i2.47
Kurniawan, D., Maulana, P. A., & Zusrony, E. (2021). ANALYSIS OF E-COMMERCE CONSUMER SATISFACTION LEVEL WITH THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) APPROACH. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(4).
Rifana, D. A., Kusuma, I. L., & Tho’in, M. (2021). Analisis Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1), 313. https://doi.org/10.29040/jap.v22i1.2792
Aditya, M., R. (2022). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Mengenai KualitasPelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi PerpajakanTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi DenganKepuasan Sebagai Variable Intervening. Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 7, 1, 365–378.
Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2008. Organizational Behavior Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta.
Rustam, A., & Said, S. (2019). Persepsi Atas Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kpp Makassar Selatan. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.26618/jrp.v1i1.2528
Safitri, D., Silalahi, S. P., Bisnis, E., & Riau, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus , Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak : Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. 20(2), 145–153.
Sari, Y. P. (2019). Pengaruh Sanksi, Pemahaman, Dan Pelayanan Fiskus Terhadapa Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Wardani, D. K., & Rahmadini, F. N. . (2022). Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Niat Untuk Patuh Calon Wajib Pajak. Jemba: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 107–114. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/1351
Wilmart, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1)
Yuslina, P., Amries, R. T., dan Alfiati, S. Pengaruh Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan dan Preferensi Resiko Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating (Study Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Pekanbaru). Jurnal Akuntansi & Manajemen, Vol 13, No. 2 - 2018, 40-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.