DAYA SAING SDM KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL: MENGINTEGRASIKAN LITERASI DIGITAL, KREATIVITAS, DAN SOLUSI INOVATIF

Authors

  • Dika Argiyan Syah Universitas Pelita Bangsa
  • Fiqih Maria Rabiatul Hariroh Universitas Pelita Bangsa
  • Adibah Yahya Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaemb.v5i2.6448

Keywords:

competitiveness, digital literacy, creativity, innovative solution, entrepreneurship; human resources, digital technology

Abstract

This research aims to analyse the influence of digital literacy, creativity, and innovative solutions on the competitiveness of human resources (HR) in entrepreneurship in the digital era. The main issue raised is the low readiness of HR in entrepreneurship to strategically utilise digital technology. The research method employs a quantitative approach, with a population and sample of 100 people using the soft modeling characteristics of SmartPLS. The analysis results indicate that digital literacy, creativity, and innovative solutions have a significant impact on the competitiveness of HR.

References

[1] A. Gunawan, U. Darmanto Soer, and T. W. Wirjawan, “Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pelatihan Digital Entrepreneurship Bagi Umkm Di Desa Sukaragam Strengthening the Digital Economy Through Digital Entrepreneurship Training for Msmes in Sukaragam Village,” Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 3, pp. 548–555, 2023.

[2] R. Ratiyah, H. Hartanti, and E. D. Setyaningsih, “Inovasi dan Daya Kompetitif Para Wirausahawan UMKM: Dampak dari Globalisasi Teknologi Informasi,” J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 152–163, 2021, doi: 10.31294/eco.v5i2.10582.

[3] Bilqis Alifia Adzani and Erwindi Saputra, “Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang,” NAWASENA J. Ilm. Pariwisata, vol. 1, no. 3, pp. 79–83, 2022, doi: 10.56910/nawasena.v1i3.399.

[4] Junedi, A. Yahya, and Nengasiah, “Asistensi Pengembangan Kapasitas Manajerial UMKM Terdampak Pandemi COVID-19,” J. Abdimas Pelita Bangsa, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/771%0Ahttps://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/download/771/527

[5] A. Yahya, “Pengembangan Umkm Melalui Pemanfaatan Model Layanan Fintech Syariah Ammana.Id,” vol. 5, no. 2, pp. 106–120, 2020, doi: Https://Doi.Org/10.34010/Aisthebest.V5i2.3049.

[6] E. Hadiyati, “Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 13, no. 1, 2011, doi: 10.9744/jmk.13.1.8-16.

[7] A. Agit, S. Aisyah Julyana, and B. Ma’ruf, “Tinjauan Literatur pada Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perkembangan Bisnis Online di Era Digital,” Semin. Nas. Amikom Surakarta 2023, no. November, pp. 624–634, 2023, [Online]. Available: https://ojs.amikomsolo.ac.id/index.php/semnasa/article/view/143

[8] A. Leo, A. Suderajat, A. A. Abimanyu, and D. Gitawijaya, “Tingkatkan Wawasan Kewirausahaan: Pengalaman Mahasiswa Dalam Menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan Untuk Masyarakat,” RENATA J. Pengabdi. Masy. Kita Semua, vol. 2, no. 2, pp. 127–131, 2024, doi: 10.61124/1.renata.46.

[9] F. M. R. Hariroh, N. F. Hermiati, and A. C. P. Rustamaji, “Analisis Literasi Kewirausahaan, Karakter Wirausaha Dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Pelita Bangsa,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 4, pp. 8533–8540, 2023.

[10] C. Anisa, T. Putri, E. Soleha, P. H. Sandi, and F. Muarief, “Optimalisasi Kompetensi SDM serta Inovasi Produk dalam Kegiatan Pendampingan UMKM pada Usaha Makanan Universitas Pelita Bangsa , Indonesia Indonesia , baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya . platform digital ( online,” no. 3, 2024.

[11] E. Z. Zed, L. Permatasari, A. Shopiani, F. S. Zahirah, and U. P. Bangsa, “Strategi kewirausahaan umkm pada angkringan mahasiswa di lingkungan kampus universitas pelitabangsa,” pp. 75–79, 2008.

[12] A. Gunawan and D. Hazwardy, “Pelatihan Digital Entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha,” Abdimas Dewantara, vol. 3, no. 1, p. 81, 2020, doi: 10.30738/ad.v3i1.4311.

[13] P. Harisandi, F. M. Rabiatul Hariroh, and E. Z. Zed, “Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan Berdampak terhadap Minat Berusaha Dimensi oleh Inovasi Mahasiswa di Cikarang,” J. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 3, pp. 784–802, 2023, doi: 10.47668/pkwu.v11i3.852.

[14] M. T. Farhan, H. Eryanto, and A. Saptono, “Pengaruh Literasi Digital Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Umkm,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 6, pp. 35–48, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i6.265.

[15] S. Pitrianti, E. A. M. Sampetoding, A. A. Purba, and Y. S. Pongtambing, “Literasi Digital Pada Masyarakat Desa,” Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 43–49, 2023, doi: 10.33005/sitasi.v3i1.655.

[16] Junedi, A. Yahya, and N. Asiah, “Asistensi Pengembangan Kapasitas Manajerial UMKM Terdampak Pandemi Covid-19,” J. Abdimas Pelita Bangsa, vol. 2, no. 01, pp. 1–6, 2021.

[17] A. A. Peni, M. Tricy, and D. Jebaru, “MEMBANGUN KAPASITAS DIGITAL UMKM PARIWISATA MELALUI PROGRAM INOVATIF PEMERINTAH UNTUK MENDUKUNG TRANSFORMASI SEKTOR WISATA DI LABUAN BAJO,” vol. 20, no. 1, pp. 59–70, 2024.

[18] E. Wihardjo et al., Peluang dan Tantangan Indonesia Emas 2045, vol. 11, no. 1. 2025. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

[19] R. S. Hamid and S. M. Anwar, STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis, vol. 01. 2019.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Dika Argiyan Syah, Fiqih Maria Rabiatul Hariroh, & Adibah Yahya. (2025). DAYA SAING SDM KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL: MENGINTEGRASIKAN LITERASI DIGITAL, KREATIVITAS, DAN SOLUSI INOVATIF. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(2), 118–128. https://doi.org/10.55606/jaemb.v5i2.6448

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.