Penerapan Metode Image Streaming pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.6082Keywords:
Short Stories, Writing Streaming Images, LearningAbstract
Short stories are a type of short prose work that is imaginative. Short stories only have one plot, one theme, and character characters. Therefore, the difficulty of peseta didik that often arises in learning the skill of writing short story texts is the difficulty of plot and theme. The problem in this study is how to apply learning to write short ceita texts through the image streaming method in grade X students of SMA PGRI 2 Palembang. The purpose of this study is to find out the application of learning to write short story texts through the image streaming method in grade X students of SMA PGRI 2 Palembang. The method of this research is a quantitative experiment. The results of this study show that the image streaming method has the application of the image streaming learning method in learning to write short story texts in grade X students of SMA PGRI 2 Palembang in learning outcomes. Therefore, the image streaming learning method can be applied in Indonesian learning.
References
Ahdar, D., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran. Sulawesi: CV Kaafah Learning.
Akhiruddin, dkk. (2019). Belajar dan pembelajaran. Sungguminasa, Kab. Gowa: CV Cahaya Bintang Cemerlang.
Akidah, I., Umar, & Mansyur. (2022). Strategi image streaming terhadap kemampuan menulis pada mahasiswa. Jurnal Literasi. (informasi volume dan halaman tidak tersedia)
Anik, S. (2023, Oktober 24). Belajar lebih menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka. UPTD Dinas Pendidikan Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. https://btikp.babelprov.go.id/content/belajar-lebih-menyenangkan-dengan-kurikulum-merdeka
Aqib, Z. (2020). Teori dan aplikasi penelitian tindakan kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan cerpen berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan dengan metode image streaming dalam proses kreatif mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 97–103.
Astuty, S. D. (2019). Analisis tokoh utama cerpen Tanah Peninggalan karya Asmawati (Disertasi doktoral). (nama universitas tidak tersedia)
Baharuddin. (2023). Perencanaan pendidikan. Kalimantan Selatan: Ruang Karya Bersama.
Bunyamin. (2021). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press.
Fiska, R. (2024, Februari 17). Pengertian cerpen: Struktur, fungsi, ciri, unsur dan contoh cerpen. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-cerpen-struktur-fungsi-ciri-unsur-dan-contoh-cerpen/
Gasong, D. (2019). Apresiasi sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Klaten: Lakeisha.
Jihad, A., & Haris, A. (2022). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024, Agustus 1). Latar belakang Kurikulum Merdeka. Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/6824331505561
Khuluqo, I. E., & Istaryatiningtias. (2022). Modul pembelajaran manajemen pengembangan kurikulum. Jakarta: CV Feniks Muda Sejahtera.
Masrurotun, I., Kusumawardani, S., Santoso, & Gunawan. (2020). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan metode image streaming siswa kelas III SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian 2020, 1–8.
Mella, Sepdiana, K. E., & Reni. (2023). Peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan strategi image streaming siswa kelas IX SMPN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan. (volume dan nomor belum tersedia)
Munirah. (2019). Pengembangan keterampilan menulis paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Nurhadi, J. (2023, Maret 21). Pentingnya keterampilan menulis dalam era digital. Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia. https://sastraindonesia.upi.edu/2023/03/21/pentingnya-keterampilan-menulis-dalam-era-digital/
Riswandi, B. (2021). Benang merah prosa. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.
Rosnawati. (2020). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Jawa Timur: KBM Indonesia.
Samiaji, M. H. (2023, Februari 9). Peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa dengan pendekatan metafora. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3833/peningkatan-keterampilan-menulis-cerpen-siswa-dengan-pendekatan-metafora#
Somi, G. A. (2022). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media gambar grafis dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. (jenis karya belum disebutkan)
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardianto. (2022). Iluminasi menulis: Hakikat dan kiat menulis karya sastra. Bengkulu: Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.
Tari, N., & Safitri, N. P. D. (2019). Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek bagi mahasiswa kursus jurusan akomodasi di Akademi Komunitas MAPINDO tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia, 1(1), 116.
Tarigan, H. G. (2021). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tutupary, F. M. (2022). Analisis teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan pada kumpulan cerpen Nyanyian Malam karya Ahmad Tohari 2000 sebagai bahan ajar kelas VIII sekolah menengah pertama (Disertasi doktoral, FKIP UNPAS).
Wahyuni, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning: Upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Wenger, W. (2011). Beyond teaching and learning (R. Sirait & Purwanto, Penerjemah). Bandung: Nuansa.
Yogiswandani, I., & S. d. (2023, Juni 2). Capaian pembelajaran (CP). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/alimaksum6544/64795de108a8b53ecb0561a3/capaian-pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.