Strategi Guru Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Muhamadiyah di SD Muhamadiyah

Authors

  • Amanda Sari Universitas Nurul Huda
  • Bela Selviana Universitas Nurul Huda
  • Adinda Efrillia Ananta Putri Universitas Nurul Huda
  • Khasbi Ainun Najib Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.5772

Keywords:

Learning Quality, Muhammadiyah, Professional Teachers, SD Muhammadiyah Harjowinangun

Abstract

This study aims to describe the steps to become a professional teacher in improving the quality of Muhammadiyah teacher learning at SD Muhammadiyah Harjowinangun. Professional teachers are required to have balanced pedagogical, personality, social, and professional competencies. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the steps taken include: improving competency through training and workshops, strengthening character and integrity, implementing innovative learning methods, utilizing educational technology, and continuous evaluation and reflection on the learning process. These efforts have a positive impact on the quality of learning in the classroom, as seen from the increasing active participation of students and the achievement of learning outcomes. Thus, systematic efforts in building teacher professionalism contribute directly to improving the quality of education in the SD Muhammadiyah Harjowinangun environment.

 

 

References

Anggraeni, D. W. (2019). Kompetensi kepribadian guru menurut peserta didik dalam Kitab Ta ‘lîmul Muta ‘allim karya Syech Az-Zarnuji (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

CINDY, A. N. F. (2025). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERORIENTASI REDUCE, REUSE, RECYCLE TERHADAP KREATIVITAS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Dacholfany, M. I., Nasar, I., Zulfikar, M. R., Machsunah, Y. C., Wahyuningsih, D., & Sitopu, J. W. (2023). Program Pelatihan Guru Lintas Provinsi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4513-4524.

Danugroho, A. (2022). Pendidikan dalam kacamata ketahanan nasional (Vol. 1). Jejak Pustaka.

Darmawan, C. (2020). Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Perspektif Hukum Pendidikan. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 19(2), 61-68.

DIDIK, P. B. L. P., & AGUSTIN, A. MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM.

Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141-156.

Huriah, T., Kep, M., & Kom, S. K. (2018). Metode student center Learning: Aplikasi pada pendidikan Keperawatan. Kencana.

Ihdassadri, I. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU RAUDHATUL ATHFAL MELALUI PELATIHAN DI RAUDHATUL ATHFAL IKHLAS KOTA PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta, 4(2), 106-113.

Mariyono, D. (2024). Strategi Pembelajaran dari Teori ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Nas Media Pustaka.

Mea, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan kelas yang dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252-275.

Munir, H., & Novita, R. (2023). PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU MELALUI PERENCANAAN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 4404-4413.

Naima, N., & Retoliah, R. (2023). Supervisi Pendidikan.

Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi pendidikan: Menganalisis pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada 3 SMA penggerak di Jawa Tengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 69-86.

Pradana, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 1(1), 33-39.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100-111.

Rizkiyanto, A. U., Armadi, A., & Hardiansyah, F. (2025). Pembentukan Karakter Moral Siswa Kelas 4 Melalui Implementasi Profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN Lombang II. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 264-276.

Rusmawati, V. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), 1-19.

Setiawan, T., & Hasanah, F. N. (2025). Microteaching: Konsep, Praktik, dan Penilaian. Penerbit NEM.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 4045-4052.

Sitepu, F., & Meyniar, A. (2025). PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ATAU MODUL PEMBELAJARAN. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(1), 17-26.

Sohiroh, S., & Khasanah, N. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Shalat Fardhu di MIS Ya Bakii Kuripan. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 864-870.

Sumarni, T., Taqiyuddin, M., & Cikdin, C. (2025). Peran Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Aktivitas Keagamaan Kelurahan Talang Benih (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Sutiyan, O. S. J., Sutiyan, D. R. R. J., Adlin, A., Irawan, D., & Al Ardha, M. A. (2022). Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 130-146.

Wijaya, I. (2018). Professional teacher: menjadi guru profesional. CV Jejak (Jejak Publisher).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Amanda Sari, Bela Selviana, Adinda Efrillia Ananta Putri, & Khasbi Ainun Najib. (2025). Strategi Guru Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Muhamadiyah di SD Muhamadiyah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 5(2), 01–15. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.5772

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.