Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1316Keywords:
Efektifitas, E-learning, Hasil Belajar, PAIAbstract
E-learning merupakan sebuah model pembelajaran baru yang di lakukan oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan belajar siswa selama pandemi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.. Mengingat jumlah keseluruhan siswa lebih dari 100 orang maka peneliti mengambil sampel 25% dari jumlah keseluruhan populasi. Dalam penelitian ini sistematika pengumpulan data menggunakan sistem wawancara untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran basis e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru melalui pembelajaran basis e-learning masih dinilai kurang maksimal, hal ini dibuktikan dengan hasil angket sebesar 24,5% yang menunjukkan bahwa rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran melalui model basis e-learning, 2) perhitungan nilai rata-rata hasil belajar akidah akhlak siswa atau nilai rata-rata adalah sebesar 89,8. dikategorikan sangat baik, 3) hasil pembahasan yang sudah disampaikan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran basis e-learning terhadap hasil belajar akidah akhlak, hasil yang diperoleh sebesar 0,221. Dimana nilai signifikan lebih kecil dari “r” table, baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1%.
References
Asyiti Febliza, Zul Afdal, Media Pembelajaran dan Informasi Komunikasi, (Yogyakarta: Adefa Grafika, 2015).
Darwyan Syah, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Didit Media, 2009).
Gora, Winastwan, Membuat CD Multimedia Interaktif untuk Bahan Ajar E-learning,(Jakarta: Elex Media Komputindo,2005).
Lantip Diat Prasojo & Riyanto, Teknologi Informasi Pendidikan, (Yogyakarta: Gava Media,2011).
M.Dahlan R dan Muhtarom, Menjadi Guru yang Bening Hati, (Yogyakarta: Deepublish,2016).
Mufidatul Islamiyah, Lilis Widyanti, Efektivitas Pemanfaatan E-learning berbasis website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar, (Malang: Jitika,2016), Vol, 10 No 1. hal.41
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Pesikolaogi Proses Pendidikan, (Bandung, PT.Remaja Rosdakarya,2005).
Suharyanto, Adele B.L, Metode Penelitian Kulaitatif, Kuantitatif,R&D (Bandung : Alfabeta. 2016).
Suharyanto, Adele B.L. Mailangkay, “Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan”IKPIA Perbanas. Vol. 4 No.1, April 2012.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010) Edisi Refisi, Cet ke 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.