Peningkatan Kompetensi Digital Siswa melalui Pelatihan Pemrograman Web dan Pengolahan Data
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i2.7833Keywords:
digital competence, digital literacy, web training, data processing, community serviceAbstract
Rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses pembelajaran teknologi di lingkungan sekolah menjadi tantangan dalam perkembangan siswa menghadapi era digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital siswa MA NU 06 Cepiring melalui pelatihan pemrograman web dasar dan pengolahan data. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan keterlibatan aktif siswa dalam seluruh tahapan pelatihan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Pelatihan dilaksanakan melalui beberapa sesi praktik langsung dengan materi HTML, CSS, penggunaan spreadsheet, dan pengenalan konsep basis data sederhana. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam memahami struktur pemrograman web dan keterampilan mengolah data. Selain itu, terlihat pula munculnya perilaku belajar mandiri, peningkatan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi, serta tumbuhnya kesadaran akan pentingnya kompetensi digital untuk masa depan. Implikasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan yang kontekstual dan kolaboratif mampu mendorong transformasi sosial di lingkungan sekolah, serta dapat dijadikan model replikasi untuk penguatan literasi digital di lembaga pendidikan lainnya.
References
A. Tegar Babur Firdaus, Moh. Ainur Rizal, & Thoifur Rahman. (2025). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan : Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(1), 256–265. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1347
Hayati Nupus, Meida Fitriana, Muh Saeful Bahri, Mahmudi Widayat, Novantri Adam Saputra, & M Faizzar Rahman. (2025). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMK. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 70–85. https://doi.org/10.32493/abdilaksana.v6i1.46990
Hendrawan, A. M., Aufa, E. A., Fauziah, L., Putri Lestari, D., & Khodijah, P. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Digital Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Biodik, 10(4), 606–617. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.29989
Lase, D., & Alasi, T. S. (2024). Penerapan Web untuk Pengolahan Data Pegawai Kantor Desa Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan UML. Jurnal Mahajana Informasi, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v9i1.5052
Sari, Putri Irmala; Yanto, S. (2025). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Bagi Siswa SMK Negeri 9. Jurnal Pengabdian Negeri, 2(1), 78–87. Retrieved from https://journal.austrodemika.org/index.php/jpn/article/view/92/54
Selatan, S., Literasi Digital Mahasiswa melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Pemrograman, P., Pemberdayaan Calon Pendidik Abad, S., Indira Nurnaifah Idris, I., Mutmainnah Herman, N., & Kaso Sanusi, D. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Pemrograman: Strategi Pemberdayaan Calon Pendidik Abad 21. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(2), 2025. Retrieved from https://dmi-journals.org/jai/
Serianti, P., Ria, D., Tb, Y., & Albar, R. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa SMA melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 Enhancing Digital Literacy of High School Students through Information Technology Training in the 4 . 0 Industrial Revolution Era. Jurnal Pengabdian Masyarakat (INOTEC), 6(1), 45–50.
Statistik, B. P. (2023). Statistik Indonesia 2023 [Internet]. Retrieved from Statistik Indonesia 2023 website: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/18018f9896f09f03580a614b/statistik-indonesia-2023.html
Taufik hidayat, Harry Soepandi, Muhammad Fabian Arrizqi, & Zumatul Firda Salsa Bella. (2023). Alternatif Pembelajaran dengan Learning Manajemen Sistem (LMS) menggunakan Moodle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 128–134. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1719
Vo, H., & Ho, H. (2024). Online learning environment and student engagement: the mediating role of expectancy and task value beliefs. Australian Educational Researcher, 51(5), 2183–2207. https://doi.org/10.1007/s13384-024-00689-1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.