Analisis Pengaruh E-Wallet Terhadap Perilaku Menabung dan Pengeluaran Konsumen di Indonesia

Authors

  • Siti Afiyah Hardinar Nazhifah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
  • Zakia Zamielna Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
  • Shandy Zahra Permadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
  • Shakila Dian Nova Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
  • Alsheira Nasywa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
  • Ahmad Setiawan Nuraya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v5i1.6402

Keywords:

Consumer behavior, Digital financial literacy, E-wallet, Saving, Spending

Abstract

This study aims to analyze the effect of e-wallet usage on consumer savings behavior and spending patterns in Indonesia. In the digital era, e-wallets have become a commonly used transaction tool due to their convenience, speed, and various promotional features offered. However, behind their convenience, e-wallets also pose new challenges in personal financial management, such as increased consumer behavior and decreased savings intentions. This study uses a quantitative explanatory approach with a cross-sectional survey design to understand the relationship between the intensity of e-wallet usage and consumer savings and spending habits. The results of the study show that ease of transactions and digital incentives can encourage spontaneous consumption behavior and weaken awareness of the importance of saving. However, with adequate digital financial literacy, e-wallets also have the potential to be a tool in managing finances wisely. This study emphasizes the importance of digital financial education so that people can utilize financial technology in a healthy and sustainable manner.

References

Anggeriana, H., Kom, S., & Kom, M. (2011). Cloud computing. Jurnal Teknik Informatika, 1.

Ariwangsa, I. G. N. O., & Jayanatha, G. B. S. (2023). Pengaruh literasi keuangan dan penggunaan dompet digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Kota Denpasar. Jurnal Wawasan Manajemen, 11(3), 254–265.

Ausop, A. Z., & Aulia, E. S. N. (2018). Teknologi cryptocurrency bitcoin untuk investasi dan transaksi bisnis menurut syariat Islam. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 74–92.

Bank Indonesia. (2023). Statistik sistem pembayaran. https://www.bi.go.id

Elvi. (2023). Faktor yang memengaruhi penggunaan dompet digital di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 126–136.

Elysia, B. S., & Achmad, M. J. (2023). Analisis akad jual beli menggunakan Shopee Paylater dalam perspektif hukum Islam. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(1), 832–858.

Engel, Y. A., & Susanto, H. (2017). Pahlawan ekonomi kreatif. Elex Media Komputindo.

Fadhila, A., & Utami, P. M. (2023). Pengaruh penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(3), 81066–81075.

GoodStats. (2024). Alasan utama masyarakat Indonesia menabung. https://goodstats.id

Goodstats.id. (2024). Indeks literasi keuangan Indonesia terus naik, capai 65% di 2024. https://goodstats.id

Hanina, A. (2021). Efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember [Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember].

Hariyani, R., & Prasetio, T. (2023). Consumer behavior generasi Z: Aspek e-wallet dan financial literacy. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2), 100–110.

Hariyani, R., & Prasetio, T. (2024). Consumer behavior generasi Z: Aspek e-wallet dan financial literacy. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

Harseno, D. F., & Achjari, D. (2022). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan e-wallet di Indonesia. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 9(4).

Hendrayana, I. G., Suprayitno, D., Judijanto, L., Kosadi, F., Kusumastuti, S. Y., & Sepriano, S. (2024). E-money: Panduan lengkap penggunaan dan manfaat e-money dalam era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hermawan, R., et al. (2024). Pengaruh penggunaan e-wallet terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa. Maeswara Journal.

Holik, A., & Santika, M. D. (2025). Faktor yang menentukan perilaku impulsive buying di kalangan mahasiswa. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 8(1), 136–144.

Integrative Perspectives of Social and Science Journal. (2023). 2(01 Februari), 363–377.

JUREKSI. (2025). E-wallet di kalangan mahasiswa: Apakah literasi keuangan digital dan persepsi keamanan menjadi faktor penentu. STIKES Ibnusina.

Kasmir. (2018). Manajemen keuangan (Edisi revisi). Raja Grafindo Persada.

Katadata Insight Center. (2022). Studi perilaku konsumen digital Indonesia.

Khatimah, H. (2023). E-money, perilaku konsumen dan teori adopsi teknologi. Deepublish.

Kompas.id. (2024). Penggunaan dompet digital Indonesia terbesar pada 2025, apa yang harus diantisipasi. https://kompas.id

Muhana, N., Umuri, K., Muftahuddin, M., & Ginting, L. M. (2025). Pengaruh hedonic dan internet addiction terhadap pembelian tidak terencana pada pengguna marketplace yang dimoderasi religiusitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2), 72–91.

Nikmah, Y. K., & Satria, D. (2024). Analisis pengaruh penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumen (Studi sebagian masyarakat Jawa Timur). Journal of Development Economic and Social Studies, 3(2), 20–30.

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Strategi nasional literasi keuangan Indonesia. https://www.ojk.go.id

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan 2023. https://www.ojk.go.id

Pratama, Y., & Sari, D. A. (2021). Pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku menabung mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(2), 101–110.

Putri, A. P., & Nugroho, Y. (2022). Digital payment dan konsumsi impulsif: Studi pada pengguna e-wallet di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 4(1), 45–59.

Putri, K. M. A., & Adi, I. N. R. (2023). Kemanfaatan, kemudahan penggunaan, perilaku konsumen, dan minat penggunaan e-wallet. Jurnal Manajemen Bisnis, 19(1).

Putri, R. A., & Nugroho, S. (2021). Pengaruh e-wallet terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Teknologi, 12(2), 77–89.

Ramadhani, A., Puspitasari, D., Salsabilla, F., Haq, P. N., Putri, S. M., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Pengaruh e-wallet terhadap manajemen keuangan masyarakat: Saving atau hedonisme. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(3), 268–275.

Tan, F. (2025). Laporan komprehensif ekosistem bisnis kreatif Yogyakarta.

Tempo.co. (2022). Nilai transaksi e-wallet bulanan tembus Rp 35,1 triliun, tumbuh 58,6 persen. https://tempo.co

Triyana, T., Asnaini, A., & Polindi, M. (2024). Analisis perilaku konsumtif pengguna layanan buy now pay later dalam konsep konsumsi menurut Muhammad Abdul Mannan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1445–1456.

Vania, H. F. (2022, Juli 29). Frekuensi penggunaan dompet digital di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id

Wahab, F., & Ihsan, M. (2025). Revolusi digital perbankan syariah: Mendorong inovasi keuangan Islam di Indonesia. Journal of Islamic Finance and Syariah Banking, 2(2), 87–99.

Wawo, A. B., Safaruddin, S., & Qalbi, N. (2021). Pengaruh penggunaan dompet elektronik sebagai alat transaksi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2).

Wijonarko, P., Salam, A., Tundo, T., Tampubolon, P., James, B. A., Akbar, R., ... & Tasti, A. T. (2024). Menuju internet sehat: Mendorong kesadaran masyarakat dalam penggunaan sosial media dan keamanan transaksi digital. BERDIKARI, 7(1).

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Siti Afiyah Hardinar Nazhifah, Zakia Zamielna Putri, Shandy Zahra Permadi, Shakila Dian Nova, Alsheira Nasywa, & Ahmad Setiawan Nuraya. (2025). Analisis Pengaruh E-Wallet Terhadap Perilaku Menabung dan Pengeluaran Konsumen di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 371–385. https://doi.org/10.55606/jimek.v5i1.6402

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.