PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK IKAN PADA UMKM LAMORA DESA SOCAH KABUPATEN BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1854Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana pengaruh variabel harga dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kerupuk ikan UMKM Lamora Desa Socah Kabupaten Bangkalan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen kerupuk ikan Lamora dan diambil sampel sebanyak 40 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh Nilai adjusted R Square sebesar 0,495 artinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 49,5% sehingga tergolong pada kategori moderat. Hasil menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Akbar, Adam. (2012). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Jurnal. Universitas Gunadarma.
Ghozali, I. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, (Edisi 8)”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kiswanto., Ratna, Pudyaningsih., & Nurul, Akramiah. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Talas. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (EMA), 4(1), 14-22.
Kotler, P and Amstrong, G. (2012). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2012). “Manajemen Pemasaran Analisa Perencanaan dan Pengendalian”. PT Prenhallindo: Jakarta.
Lamb Charles. (2008). “Pemasaran (Edisi Pertama)”. Salemba Empat: Jakarta.
Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS, Statistik Non-Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sanusi, Anwar. (2011). “Metode Penelilian Bisnis”. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, Rissa M. & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1171-1184.
Siprianus Daya, Johan & Tina Rosa. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Sandals Dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 86-98.
Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.