PENGARUH DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MADU PADA UMKM JAMALUDDIN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.154Keywords:
diskon, keputusan pembelian, madu, UMKMAbstract
Guna menarik pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan maka banyak para penjual melakukan strategi pemasaran yang dilakukan salah satunya dengan cara pemberian diskon. Hal ini dilakukan juga oleh UMKM Jamaluddin untuk menarik pembeli untuk membeli produk madu asli yang berasal dari Desa Gringsing, Kabupaten Batang. disamping itu pula, UMKM Jamaluddin untuk dapat bersaing dengan produk-produk lainnya guna memenangkan persaingan yang sangat ketat ini. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian madu pada UMKM Jamaluddin. Populasi penelitian ini yakni konsumen madu dari UMKM Jamaluddin, teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan cara clauster random sampling sebanyak 40 responden di penelitian ini. Pengambilan data dilakukan menggunakan data primer dan data sekunder serta teknik data dengan uji heterkedastisitas, uji normalitas, uji autokorelasi, regresi sederhana, uji t, uji koefisien determinasi dan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini diketahui t hitung sebesar 2,488, dan t tabel sebesar 1,686, karena t hitung sebesar 2,488>1,686 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian madu pada UMKM Jamaludin dengan dasar kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam membeli produk, memberikan rekomendasi pada orang lain dan melakukan pembelian ulang produk Madu Jamaluddin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.