Analisis Peran Bumdes Desa Sukaluyu dalam Meningkatkan Penjualan Melalui UMKM di Desa Sukaluyu

Authors

  • Raihan Haidar Azis Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rieke Retnosary Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaemb.v4i3.5821

Keywords:

BUMDes, MSMEs, Marketing, Financial Support, Sukaluyu Village

Abstract

Village-Owned Enterprises (BUMDes) function optimally to increase the village economy, particularly by supporting Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). This lesson analyzes of BUMDes Sukaluyu in increasing MSME sales in Sukaluyu Village through financial support, marketing, and business assistance. Descriptive qualitative technique lessons on how to collect reports including interviews, observations, and document analysis. The findings indicate that BUMDes Sukaluyu provides interest-free capital assistance, conducts business training, and facilitates marketing through bazaars and the MSMEs Gallery. However, challenges such as limited capital, lack of digital marketing utilization, and competition from external products still persist. Therefore, enhancing funding sources, digital marketing training, and more effective marketing strategies are necessary for the sustainable growth of (MSMEs).

References

S. Al Farisi, M. I. Fasa, dan lainnya, "Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, vol. 9, no. 1, pp. 73–84, 2022.

S. Anggraeni, S. Sungkono, dan R. Retnosary, "Pengaruh program pelatihan UMKM dalam pemanfaatan teknologi digital terhadap produktivitas UMKM Kerupuk Rajungan Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon," AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, vol. 4, no. 2, pp. 545–554, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.882

Badan Pusat Statistik (BPS), "No title," BPS - Statistics Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/Diolah dari Hasil Survei Industri Mikro dan Kecil Tahunan;2021-Sekarang

M. I. Baharuddin, E. S. Sabua, dan N. Hanisa, "Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Padang Kalua," Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i1.8705

Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Perekonomian Kemenko Perekonomian, dan H. Limanseto, "No title," Sumber ekon.go.id, vol. 1, 2021.

Pemerintah Kabupaten Karawang, "Perda No. 7 Tahun 2023 tentang BUMDes," 2023. [Online]. Available: https://doi.org/et al

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, "Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah," 2008. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008

I. Junaris dan N. Haryanti, Manajemen pemasaran pendidikan, 2022.

Y. D. Kristanto dan R. S. Padmi, Analisis data kualitatif: Penerapan analisis jejaring untuk analisis tematik yang cepat, transparan, dan teliti, 2020.

A. S. Lestari, N. Wahyuningsih, N. Maharani, L. Sanjaya, A. P. Putra, dan A. Khomariah, "Penggunaan aplikasi Google Maps dan Imooji sebagai media promosi UMKM Desa Tiyaran," Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, vol. 2, no. 3, pp. 887–894, 2022.

A. Nafisah, Peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember [Skripsi], Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2023.

J. Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian dan H. Limanseto, "No title," ekon.go.id, 2024. [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5885/menko-airlangga-pemerintah-dukung-bentuk-kolaborasi-baru-agar-umkm-indonesia-jadi-bagian-rantai-pasok-industri-global

A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, dan P. N. Elisa, "Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021.

R. E. Rahayu, S. Sungkono, dan R. Retnosary, "Analisis kompetensi sumber daya manusia (SDM) kinerja pegawai pada Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 8, pp. 1118–1127, 2024.

D. C. Sari et al., Manajemen pemasaran, Media Sains Indonesia, 2021.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, ALFABETA, 2019.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Raihan Haidar Azis, Rieke Retnosary, & Dini Yani. (2024). Analisis Peran Bumdes Desa Sukaluyu dalam Meningkatkan Penjualan Melalui UMKM di Desa Sukaluyu. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(3), 12–18. https://doi.org/10.55606/jaemb.v4i3.5821

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.