Pengaruh Tingkat Pendidikan, Ukuran Usaha dan Pemahaman Akuntansi terhadap Pencatatan Pembukuan Sederhana pada UMKM Miitra Mandiri di Kecamatan Brebes
DOI:
https://doi.org/10.55606/optimal.v5i3.7302Keywords:
Accounting Comprehension, Business Size, Education Level, Simple BookkeepingAbstract
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are one of the main pillars of the national economy, contributing significantly to the gross domestic product and employment absorption. The purpose of this study is to determine the effect of education level, business size, and accounting comprehension on the recording of simple bookepping in Mitra Mandiri MSMEs in Brebes District. This study employs a quantitative approach, with data collected through questionnares, interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques used include descriptive statistical analysis, instrumen testing (validity and reliability test), classical assumption test (normality, heteroscedasticity, and multicollinearity), linear regression analysis, hypothesus testing ( t-test ada F-test), and the coeficient of determination, using SPSS Statistic. The result of the partial test show that the education level has a significant influence on simple bookkeeping practices (significance value 0,001< 0,05). Meanwhile, business size (0,404 > 0,05) and accounting comprehension (0,899 > 0,05) do not show a significant individual effect. However, simultaneously, the three variables have a significant influence on bookkeeping practices (significance value 0,001 < 0,05).
References
Ariyani, D., Riono, S. B., & Sucipto, H. (2022). Pelatihan branding equity untuk membangun brand image pada pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam meningkatkan daya jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Ayuningtyas, R. T. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan, ukuran usaha dan pemahaman ilmu akuntansi terhadap pencatatan pembukuan sederhana. Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 55–64.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2024). Kabupaten Brebes dalam angka 2024. BPS Kabupaten Brebes.
Dumadi. (2022). Penyuluhan kewirausahaan pada kelompok UMKM Desa Parereja untuk meningkatkan motivasi berwirausaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1–11.
Duwinaeni, R. (2020). Analisis pengaruh ukuran usaha dan pemahaman akuntansi terhadap pencatatan keuangan UMKM. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 20(2), 87–94.
Fitriani, D., Raharjo, S., & Lestari, A. (2022). Pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kepatuhan pencatatan keuangan pada UMKM di Kota Semarang. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 10(2), 123–132. https://ejournal.example.com/jrak/article/view/12345
Indarti, N. (2023). Pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi terhadap pencatatan pembukuan sederhana UMKM di Kota Mataram (Skripsi, UIN Mataram).
Laela, A. Z., Dumadi, D., & Zaman, M. B. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan financial technology terhadap kinerja UMKM generasi milenial Kabupaten Brebes. Journal of Management. http://rayyanjurnal.com/index.php/mantap/article/view/3204
Muslimin, A. (2023). Pengaruh pemahaman akuntansi terhadap penerapan SAK EMKM pada UMKM di Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), 33–41.
Nurizki, M., Kristiana, A., & Riono, S. B. (2022). Pengaruh modal usaha dan strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. Profesional Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(4), 12–20.
Perdana, R. (2024). Pengaruh tingkat pendidikan, ukuran usaha, dan pemahaman akuntansi terhadap pencatatan pembukuan sederhana (Studi pada UMKM Mulyorejo). Jurnal Riset Akuntansi, 12(1), 45–52.
Rahmawati, T. (2022). TRILOGIpreneur: Tiga konsep kewirausahaan. Penerbit Lakeisha.
Rapina. (2023). Pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan ukuran usaha terhadap kualitas pelaporan keuangan UMKM. Jurnal Riset Akuntansi, 11(2), 99–107.
Riono, S. B., Harini, D., & Sholeha, A. (2023). Sosialisasi pemberdayaan masyarakat mengenai strategi branding untuk meningkatkan pemasaran UMKM produk lokal di Desa Kaliwlingi. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Safitri, N. E., Pranoto, B. A., Riono, S. B., Mutaqin, A., & Yulianto, A. (2022). Pelatihan pengembangan bisnis berbasis teknologi pada pelaku UMKM melalui sosial media di Desa Tegalreja. Profesional Jurnal Abdimas, 1(3), 34–40.
Sari, M., & Nugroho, A. (2021). Efektivitas pelatihan akuntansi dalam meningkatkan kemampuan pembukuan UMKM. Jurnal Akuntansi dan UMKM, 5(3), 91–102.
Setyo, & Triyanto. (2023). Pengaruh pemahaman dasar akuntansi dan pemahaman SAK EMKM terhadap penerapan SAK EMKM pada UMKM BTC Surakarta. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 21–28.
Tahany, S., & Ikhwan, S. (2023). Pengaruh harga, produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus UMKM Mitra Mandiri Kabupaten Brebes). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1105–1114.
Warpuah, Riono, S. B., & Harini, D. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19 (Studi kasus pada UMKM Kluban di Banjaratma). Jurnal Akuntansi dan Bisnis (Akuntansi), 2(1), 49–57.
Wibowo, R., & Lestari, H. (2020). Skala usaha dan praktik manajemen keuangan pada UMKM. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 78–89. https://jurnal.example.com/jieb/article/view/1122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.