Determinasi Sosio-ekonomi Terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Sektor Informal Desa Lendang Belo, Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.55606/optimal.v5i1.7112Keywords:
Working Women, Informal Sector, Education LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan perempuan untuk bekerja di sektor informal di Desa Lendang Belo, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi logistik biner terhadap 33 responden perempuan dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat variabel bebas yang dianalisis, yaitu umur, jumlah tanggungan keluarga, jenjang pendidikan, dan pendapatan rumah tangga, tiga di antaranya berpengaruh signifikan terhadap keputusan perempuan untuk bekerja di sektor informal, yaitu jumlah tanggungan (p = 0,030), jenjang pendidikan (p = 0,045), dan pendapatan (p = 0,039). Sementara itu, variabel umur tidak berpengaruh signifikan (p = 0,119). Model regresi logistik yang digunakan terbukti layak secara statistik (Hosmer and Lemeshow test: p = 0,733; Nagelkerke R² = 0,655) dan memiliki tingkat akurasi prediktif sebesar 81,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa tekanan ekonomi rumah tangga menjadi pendorong utama partisipasi perempuan dalam sektor informal, sementara umur tidak menjadi faktor determinan dalam konteks ini. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi penyusunan kebijakan pemberdayaan perempuan berbasis kontekstual pedesaan.
References
Ario, F. D., Putri, A. S., & Nugroho, D. (2023). Urban versus rural informal economy: A comparative study in Indonesia. Journal of Development Economics Research, 45(2), 155–170. https://doi.org/10.1016/j.jder.2023.04.002
Atieno, R. (2006). Female participation in the informal sector in Kenya: A study on determinants and outcomes. African Economic Research Consortium. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2814.2566
Badan Pusat Statistik Provinsi NTB. (2023). Profil ketenagakerjaan Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2023. https://ntb.bps.go.id/publication.html
Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). SAGE.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan-Sedyono, C. (2013). Perempuan dan dunia kerja. Dalam D. Rosiana (Ed.), Partisipasi kerja perempuan di sektor informal (hlm. 89–95). Yayasan Pustaka.
Hidayat, S., & Soewarno, P. (1979). Ekonomi informal di Indonesia: Suatu tinjauan konseptual. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.32477/jep.v7i1.127
Hosmer, D. W., Lemeshow, S., & Sturdivant, R. X. (2013). Applied logistic regression (3rd ed.). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118548387
Kasman, Y. (2022). Implikasi prestasi belajar ekonomi dipengaruhi kondisi sosial orang tua dan motivasi belajar. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1), 54–61. https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i1.2715
Menard, S. (2002). Applied logistic regression analysis (2nd ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781412983433
Muryani, L., & Hatiku, G. P. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi kerja perempuan di sektor informal. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 20(2), 147–160. https://doi.org/10.23917/jiesp.v20i2.9927
Pampel, F. C. (2000). Logistic regression: A primer. Sage Publications.
Peng, C. Y. J., Lee, K. L., & Ingersoll, G. M. (2002). An introduction to logistic regression analysis and reporting. The Journal of Educational Research, 96(1), 3–14. https://doi.org/10.1080/00220670209598786
Rosiana, D. (Ed.). (2013). Partisipasi kerja perempuan di sektor informal. Yayasan Pustaka.
Sadli, S. (2013). Perempuan dan pembangunan. Dalam D. Rosiana (Ed.), Partisipasi kerja perempuan di sektor informal (hlm. 57–63). Yayasan Pustaka.
Sajogyo, P. (2013). Partisipasi tenaga kerja perempuan di Indonesia. Dalam D. Rosiana (Ed.), Partisipasi kerja perempuan di sektor informal (hlm. 70–75). Yayasan Pustaka.
Susanto, A. S. (1975). Perempuan dan pembangunan di pedesaan. Lembaga Demografi UI.
Yorman, Y. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournaments berbasis Direct Instruction bermuatan budaya lokal Maja Labo Dahu untuk meningkatkan motivasi belajar dan sikap sosial dalam mata pelajaran IPS (Disertasi Doktoral, Universitas Pendidikan Ganesha).
Yorman, Y. (2024). Implementasi model pembelajaran kontekstual pada materi keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(1), 1319–1327. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.118
Zahrok, M. F. (2018). Perempuan dan penguatan ketahanan keluarga. Jurnal Gender dan Anak, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.21043/jga.v3i1.3645
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.