Pengaruh Penggunaan Financial Technology dan Media Sosial terhadap Peningkatan Pendapatan di UMKM Sidoarjo

Authors

  • Nikmatul Lailiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Chairil Anwar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v5i2.5726

Keywords:

Financial Technology, Income Increase, MSMEs, Social Media

Abstract

The primary objective of this paper is to effect of the use of Financial Technology (FinTech) and Social Media on Increasing MSME Income in Sidoarjo. With the existence of Financial Technology, it will be easier to manage finances and make transactions, while Social Media has an important role in marketing and branding. A quantitative research approach was used for this investigation. Primary data was collected through questionnaires distributed to 30 participating MSMEs in Sidoarjo Regency. The data obtained will be analyzed using the SPSS 24 application to. Research results reveal that Financial Technology and Social Media simultaneously have a positive and significant effect on increasing MSME income, where FinTech can increase the efficiency of transactions and financial management and Social Media has a greater impact on increasing market reach, as evidenced by the t-count value of 32.585> t table, which is 3.354 and sig. value of 0.000 <0.05.

References

Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh penggunaan e-commerce, financial technology dan media sosial terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750.

Berlilana, B., Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh teknologi informasi revolusi industri 4.0 terhadap perkembangan UMKM sektor industri pengolahan. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika.

Delis, D., & Lestari, E. (2024). Pengaruh penggunaan financial technology dan media sosial terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Batam. Economics and Digital Business Review, 5(1), 432–447.

Desiana, D., Bintari, V. I., & Nanda, U. L. (2024). E-commerce, financial technology, media sosial dan pengaruhnya terhadap pendapatan UMKM Kota Tasikmalaya. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 8(3), 2139–2149.

Fitroh. (2021). Pengaruh e-commerce dan fintech terhadap pendapatan UMKM. (Tidak dipublikasikan).

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Edisi ke-10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hijir, P. S. (2022). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan dengan financial technology (fintech) sebagai variabel intervening pada UKM di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 11(1), 147–156.

Humaira, A., & Ferayanti, F. (2022). Hubungan financial technology terhadap perkembangan UMKM di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 7(3), 164–173.

Lestari, A. (2022). Pengaruh audit tenure, fee audit, dan ukuran KAP (Kantor Akuntan Publik) terhadap independensi auditor (Studi empiris pada auditor yang bekerja di kantor akuntan publik wilayah Jakarta Timur). [Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta].

Mardiani, M. S., dkk. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 2581–2866.

Ni’mah, N. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan financial technology (fintech) terhadap inklusi keuangan dengan modal sosial sebagai mediator pada UMKM fashion di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. (Tidak dipublikasikan).

Nindhya, W. A. (2024). Pengaruh literasi keuangan, financial technology, dan digital marketing terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Surabaya. [Skripsi, UPN Veteran Jawa Timur].

Nurjanah, Y., & Dewi, K. (2023). Pengaruh financial technology terhadap pendapatan UKM di Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(1), 147–156.

Nursansiwi, D. A., & Armiani, A. (2022). Peran strategi bisnis fintech payment gateway dalam meningkatkan kinerja UMKM di NTB. Owner, 7(1), 367–378.

Prambudi, J., & Imantoro, J. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Maleo Lampung Timur. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3).

Pratama, G. L., & Mangantar, M. (2022). Pengaruh struktur modal, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017–2020. Jurnal EMBA, 10(2), 337–345.

Rahmanda, E., & Amanah, L. (2021). Pengaruh modal pribadi, harga, dan sosial media terhadap pendapatan UMKM. JIRA: Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(10), 1–17.

Ramadhany, B. R. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran terhadap produk Nurayya Sampo Dandruff tanpa kandungan SLS. E-Jurnal, 9, 51–59.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., Armiani, A., Setiawati, E., & Pirdaus, I. (2024). Pengaruh financial technology, media sosial, e-commerce, dan Google My Business terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2(4), 731–745.

Yussyairoh, P. (2022). Pengaruh etika, independensi dan kompetensi terhadap skeptisme profesional auditor (Studi empiris pada kantor akuntan publik daerah Kota Administrasi Jakarta Selatan). [Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta].

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Nikmatul Lailiyah, & Chairil Anwar. (2025). Pengaruh Penggunaan Financial Technology dan Media Sosial terhadap Peningkatan Pendapatan di UMKM Sidoarjo . OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.55606/optimal.v5i2.5726