PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DALAM MENDUKUNG DESA WISATA DI CIRUMPAK KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Nurul Hidayat Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Cakung, Jakarta Timur
  • Arnold Surya N Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Cakung, Jakarta Timur
  • Ria Restina Robiyanti Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Cakung, Jakarta Timur
  • Tatik Purwaningsih Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Cakung, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.765

Keywords:

Literasi Digital, UMKM, Desa Wisata.

Abstract

Literasi digital digunakan untuk menemukan, menganalisis, membuat, dan mengirimkan informasi menggunakan teknologi. Berdasarkan pengalaman beberapa negara, pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi salah satu penggerak pembangunan ekonomi khususnya di daerah pedesaan. Pemanfaatan TIK dianggap efektif dalam mengurangi migrasi masyarakat dari desa ke kota dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa. Keberadaan UMKM sendiri bisa mendukung perkembangan pariwisata yang ada di Desa. Desa Cirumpak merupakan salah satu Desa dengan potesi wisata yang menarik yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang. Desa dengan luas 210 hektare ini mempunyai lokasi yang strategis serta potensi wisata yang sangat potensial. Salah satu konsep wisata yang sedang dikembangkan pada Desa Cirumpak ini adalah Konsep wisata alam dengan taman yang instragamable. Kemudian ditambah dengan adanya kolam renang dan area pemancingan. Kegiatan PKM ini diselenggarakan untuk  membantu  mengatasi  permasalahan  terkait peningkatan kompetensi literasi digital untuk meningkatksn UMKM pada aspek  strategi  komunikasi  pemasaran  digital sehingga bisa membantu mengembangkan Desa Wisata.  Kegiatan diselenggarakan pada hari Minggu,  16 Oktober  2022  di  Aula Kantor Desa Cirumpak. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di Desa Cirumpak yang berjumlah ± 30 orang dengan jenis usaha yang beragam. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk penyuluhan (ceramah), tutorial dan diskusi interaktif.

References

Andrianti, Tanto Lailam. (2019) Pengembangan Desa Wisata Melalui Penguatan Strategi Komunikasi Pariwisata. Jurnal SENADIMAS UNISRI ISBN: 978-602-73158-5-3

Fahmi, F. Z., & Sari, I. D. (2020). Rural transformation, digitalisation and subjective well being: A case study from Indonesia. Habitat International, 98, 102150.

https://surakartadaily.com/2022/08/digitalisasi-untuk-penguatan-ketahanan-desa-sumberejo/ diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pkl 20.40 WIB

https://www.kominfo.go.id/content/detail/40788/dukung-upaya-peningkatan-literasi-digital-pelaku-umkm/0/berita diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pkl 20.45 WIB

https://www.desabisa.com/pendekatan-rra-rapid-rural-apprasial/ diakses pada Minggu 30 Oktober 2022 pkl 19.05 WIB

Luhung Achmad Perguna dkk. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3 (2), 2020, 204-214

Mavilinda, H.F., Nazaruddin, A., Nofiaty., Siregar, L.D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Tantangan Bisnis Di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1): 17-28. DOI: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

Sri Herwindya Baskara Wijaya. (2021). Workshop Literasi Pemasaran Digital Desa Wisata Di Desa Tanjung, Klaten, Jawa Tengah. Prosiding PKM-CSR, Vol. 4 (2021) e-ISSN: 2655-3570

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Nurul Hidayat, Arnold Surya N, Ria Restina Robiyanti, & Tatik Purwaningsih. (2022). PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DALAM MENDUKUNG DESA WISATA DI CIRUMPAK KABUPATEN TANGERANG. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 106–115. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.765