Sosialisasi Parenting Education dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman tentang Peran Aktif Orangtua dalam Pendampingan Anak di Rumah

Authors

  • Wilda Alfian Ardiansah Universitas PGRI Madiun
  • Ihsan Intania Universitas PGRI Madiun
  • Melik Budiarti Universitas PGRI Madiun
  • Apri Kartikasari H.S Universitas PGRI Madiun
  • Melas Ilhan Mujni Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i1.2853

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membekali orangtua dengan metode pengasuhan yang tepat dan baik untuk ditanamkan kepada anaknya. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Gayam 1 dengan subjek siswa kelas 1 hingga 6 dan wali murid. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa sosialisasi kepada orang tua mengenai pola asuh anak di rumah. Hal tersebut penting diperhatikan karena penanganan pendidikan anak tidak dapat terlepas dari penanganan sekolah dan di rumah. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yakni rendahnya kesadaran dan pengetahuan orang tua mengenai pola asuh anak khususnya bagi orang tua yang berpendidikan rendah; masih dijumpai orang tua yang anak terlambat berbicara tetapi dibiarkan saja karena tidak mampu memberikan stimulasi atau penanganan yang tepat. Tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membekali orang tua dengan keterampilan dalam mendampingi anak dan melatih simulasi stimulasi edukatif bagi anak sehingga orang tua memahami pola asuh yang tepat guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

References

Candra, S. (2017). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Thufula, 267–287.

Manurung, F. (2021). Implementasi dan Implikasi Program Parenting dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, AL-Fathonah, 2(2).

Mauanah, S. N., & Suprijono, A. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga ( Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Parenting Education ). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga, 04, 1–10.

Novita, Y. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.

Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. Jurnal Edukasi Nonformal, 143–146.

Widiyono, A. (2021). Implementasi Parenting Berkala Untuk Menumbuhkan Kelekatan Anak di KB Permata Kita Kudus. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 310–320. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9499

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Wilda Alfian Ardiansah, Ihsan Intania, Melik Budiarti, Apri Kartikasari H.S, & Melas Ilhan Mujni. (2024). Sosialisasi Parenting Education dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman tentang Peran Aktif Orangtua dalam Pendampingan Anak di Rumah. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(1), 77–83. https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i1.2853