Edukasi Terapi Mindfulness untuk Mengurangi Tingkat Stres Kerja pada Karyawati di Pabrik Sohun Gunung Madu Desa Ledug Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i2.8278Keywords:
Work-related Stress, Female Employees, Mindfulness Therapy, Stress Management, Vermicelli FactoryAbstract
Stres kerja merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh karyawati, terutama di lingkungan kerja dengan beban dan tuntutan tinggi. Jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, seperti meningkatkan risiko kelelahan, gangguan tidur, kecemasan, serta menurunkan produktivitas dan kualitas kerja. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi stres kerja melalui intervensi yang efektif. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah terapi mindfulness, yaitu teknik yang berfokus pada peningkatan kesadaran individu terhadap pikiran, emosi, dan pengalaman saat ini tanpa memberikan penilaian. Terapi ini membantu individu mengelola stres dengan lebih baik serta meningkatkan kesejahteraan psikologis. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan karyawati pabrik Sohun Gunung Madu dalam mengelola stres kerja melalui demonstrasi terapi mindfulness. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pengukuran tingkat stres kerja menggunakan instrumen stres kerja, pengukuran tingkat pengetahuan melalui kuesioner pre-test dan post-test, serta evaluasi menggunakan lembar observasi dan minat menggunakan kuesioner. Kegiatan ini melibatkan 25 karyawati pabrik Sohun Gunung Madu yang diberikan edukasi mengenai terapi mindfulness dalam dua sesi pertemuan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 84% karyawati berada di kategori stres sedang, 4% di kategori tinggi, dan 12% di kategori rendah. Setelah intervensi, seluruh responden (100%) menunjukkan penurunan ke tingkat stres rendah. Dengan demikian, terapi mindfulness dapat menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam mengurangi stres kerja pada karyawati dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka.
References
Amalia, R., Handayani, W., & Komalasari, R. (2025). Efektivitas Praktik Mindfulness Dalam Menurunkan Tingkat Stres Dan Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pada Karyawan Di Lingkungan Kerja Modern. PSIKIS : Jurnal Ilmu Psikiatri Dan Psikologi, 1(1), 28–38.
Fauzan, R., Uce, L., Oktarina, R., & Otafiani, R. (2025). Mindfulness Dalam Pendidikan : Meningkatkan Fokus dan Mengurangi Stres Pada Peserta Didik Generasi Z. 5(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1046
Gapun, I. O., & Barus, D. A. B. (2025). PENGARUH PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENGURANGI BURNOUT ANGGOTA POLRES SIKKA. 4(4), 1–23.
Godara, M., Silveira, S., Matthäus, H., Heim, C., Voelkle, M., Hecht, M., Binder, E. B., & Singer, T. (2021). Investigating differential effects of socioemotional and mindfulness-based online interventions on mental health, resilience and social capacities during the COVID-19 pandemic: The study protocol. In PLoS ONE (Vol. 16, Issue 11 November 2021). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256323
Hafeman, D. M., Ostroff, A. N., Feldman, J., Hickey, M. B., Phillips, M. L., Creswell, D., Birmaher, B., & Goldstein, T. R. (2020). Mindfulness-based intervention to decrease mood lability in at-risk youth: Preliminary evidence for changes in resting state functional connectivity. Journal of Affective Disorders, 276(July), 23–29. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.06.042
Herlena, B. (2023). Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Juli 2023. 1–56.
Hidayatullah, A., & Merdiaty, N. (2025). Peran Mindfulness Terhadap Kesejahteraan Psikologis: Studi Literature Review. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 10(4), 1–8.
Hutapea, B., Tsabita, A., Chandra, A., Derianti, V., Halim, J., & Haryani, R. R. N. D. (2023). Mindfulness sebagai Intervensi: Tinjauan Cakupan pada Pekerja Sosial. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(2), 735–744. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.691
Kamiluddin Saptaputra, S., & Wa Ode Salma. (2024). Edukasi Manajemen Stress Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Negeri 21 Lantawonua Tahun 2024. Jurnal Pengabdian Meambo, 3(2), 53–57. https://doi.org/10.56742/jpm.v3i2.85
More, R. D., & Barus, D. A. B. (2025). Mindfulness Dalam Pendidikan: Meningkatkan Fokus dan Mengurangi Stres Pada Peserta Didik Generasi Z. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(4), 1.
Raswandaru, M. R., Rayanti, R. E., Rompas, A. A. P., Lalintia, N. M., Carolin, F., Manggopa, W. N., & Farizi, F. (2023). Terapi Mindfulness Nafas Dalam pada Warga Binaan Pemasyarakatan. Jurnal Pengabdian Perawat, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.32584/jpp.v2i2.2402
Rizwari, M. C. A. P., Wiswanti, I. U., & Pramita, F. A. (2023). Learning to BREATHE: Intervensi Berbasis Mindfulness pada Remaja dengan Nonsuicidal Self-Injury (NSSI). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 140. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i1.6419
Romadhoni, R. W., & Widiatie, W. (2020). The Effect of Mindfulness Therapy on Adolescent Stress Levels at Al-Hasan Watugaluh Orphanage in Diwek Jombang. Analysis of Factors Affecting Technology Acceptance in Shopee Application Users Using the Technology Acceptance Model (TAM). INSOLOGY: Journal of Science and Technology, 4(2), 77–86.
Safitri, D., Majid, R., & Jafriati, J. (2023). Pengaruh Edukasi Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan, 4(3), 182–187. https://doi.org/10.37887/jwins.v4i3.46499
Suwandi, Putri, R., Koimah, S. M., Zahra, N. A., & Putri, M. F. janvierna L. (2024). Efektivitas Mindful Education dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental , Prestasi Akademik , dan Keterampilan Sosial Siswa. 4(2), 66–72.
Tanoto, S. R., & Sari, D. M. (2024). Pengaruh Spiritualitas Tempat Kerja Terhadap Kesejahteraan Mental Karyawan Melalui Kebahagiaan dan Mindfulness pada Karyawan. Jurnal Manajerial, 11(2), 292–316.
Widyastuti, Cahyaningrum, K., Faridah, B. W., Pratama, A. A., Syah, R., & Solihin, H. U. (2024). Efektivitas Pelatihan Mindfulness untuk Mengurangi Stres Kerja pada Pegawai. 3(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.