EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG KECEMASAN PADA WARGA BINAAN LAPAS KELAS 1 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.758Abstract
Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan, dimana cara pembinaan warga binaan pemasyarakatan berdasarkan Pancasila yang dilaksanakan secara terpadu antara pembina, yang dibina dan masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas waga binaaan pemasyarakatan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Lapas kelas 1 makassar merupakan Lembaga pemasyarakatan yang memberikan binaan keterampilan kepada narapidana agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan bekal setela masa tahanannya usai. Rasa cemas merupakan respon alami dari diri yang termasuk dalam mekanisme pertahanan diri kita. Rasa cemas mampu membantu indvidu untuk lebih waspada dengan memiliki perencanaan untuk menghadapi berbagai situasi kedepannya. Kegiatan psikoedukasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dalam meningkatkan pengetahuan mengenai kecemasan pada warga binaan. Sehingga di harapkan warga binaan dapat mengelolah rasa cemas dengan baik. Pelaksaaan kegiatan ini dilakukan dengan metode need assesment, metode psikoedukasi dimulai dari persiapan alat, dan bahan, pembukaan, pre-test, presentasi materi, ice breaking, sesi tanya jawab, post test dan penutupan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan psikoedukasi ini bahwa kegiatan psikoedukasi memberikan dampak yang baik dan positif kepada seluruh peserta, baik dari segi pengetahuan, manfaat, bahkan kepuasan pada seluruh peserta psikoedukasi.
Kata kunci: Kecemasan; Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.