Implementasi Sinematografi Oleh Director Of Photography dalam Produksi Video Feature “Beauty After Life”
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v5i2.6223Keywords:
Cinematography, Director of Photography, Cosmetic Waste, Video FeatureAbstract
Artikel ini membahas implementasi unsur-unsur sinematografi oleh Director of Photography (DOP) dalam produksi video feature Beauty After Life, yang mengangkat isu pemanfaatan kosmetik kedaluwarsa oleh perias jenazah. Topik ini dipilih karena menggabungkan isu sosial, lingkungan, dan ekspresi visual yang jarang tereksplorasi. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan teknik camera angle, camera movement, shot size, komposisi, dan lighting yang digunakan oleh DOP selama proses produksi. Metode penciptaan dilakukan melalui tahapan pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Hasil penciptaan menunjukkan bahwa pemilihan dan penerapan teknik sinematografi secara tepat mampu memperkuat penyampaian pesan, membangun kedalaman emosional, serta meningkatkan daya tarik visual karya.
References
Agus Baihaqi, & Khotib Ibrahim. (2023). Teknik sinematografi film pendek Air Mata Impian karya Multimedia Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 1– 27.
Aditia, P., & Yudhistira, N. (2023). Analisis unsur sinematografi dalam membangun realitas cerita pada film Mencuri Raden Saleh. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(2), 196–204.
Al Jufri, M. (2023). Director of photography dalam pembuatan film pendek fiksi bergenre drama dengan judul 'Kita dan Hatimu'. 1–23.
ALODOKTER. (2023). Alasan pentingnya memperhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik. Diunduh dari: https://www.alodokter.com/memastikan-kelayakan-kosmetik
ALODOKTER. (2025). Jangan asal pakai, produk make up punya masa kedaluwarsa. Diunduh dari: https://www.alodokter.com/jangan-asal-pakai-produk-make-up-punya-masa-kadaluarsa
Amalia, A. P. (2023). Analisis teknik pengambilan gambar sinematografi dalam film pendek '05.55'. 38–58.
Anggraini, A. S. I., Jayanti, E. P., Wichdati, F. I., Hasana, W., & Windayani, N. R. (2021). Analisis perilaku dan kecerdasan konsumen terhadap konsumsi produk kosmetik kecantikan. Jurnal Tata Rias, 58–69.
Anjaya, A., & Deli. (2020). Studi perbedaan komposisi pada sinematografi dan efek yang dihasilkan.
Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 604–612.
ANTARA. (2022). Rekosistem bantu kelola limbah kosmetik kedaluwarsa.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Bonafix, D. N. (2011). Videografi: Kamera dan teknik pengambilan gambar. Humaniora, 2(1), 845.
Brown, B. (2016). Cinematography: Theory & Practice. Dalam Sustainability (Switzerland), Vol. 11, Issue 1. HalloSehat. (2023). Jangan anggap remeh, ini bahaya kosmetik kedaluwarsa! Diunduh dari:
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/pakai-kosmetik-kedaluwarsa-basi/
KOMPAS. (2024). Tren fast beauty ancam lingkungan, sumbang 6,8 juta ton limbah plastik per tahun di Indonesia.
Narendra, F. E., & Susilawati. (2018). Variasi shot pada produksi feature televisi Kilau Macapat Permata Jawa. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 4(1), 14–29.
Parana, K. D., Prabhawita, G. B., & Kayana, I. B. H. K. (2024). Penerapan teknik camera movement pada film pendek Satu Pertemuan dalam membangun suasana dramatik. 04(1), 20–25.
Putri, A. D., & Patrianti, T. (2023). Kampanye Public Relations #BeautyEverAfter dalam pengelolaan limbah kosmetik: Kecantikan vs keberlanjutan. Prologia, 7(2), 487–495.
R, M. M. E. P. N. (2023). Teknik sinematografi dan penyampaian pesan dalam film Rani dan Cerita tentang Walkie Talkie. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(1), 1–19.
Riadi, M. (2022). Pengertian dan unsur-unsur sinematografi. Diunduh dari: https://www.kajianpustaka.com/2021/03/pengertian-dan-unsur-unsur-sinematografi.html
Sujianti, Mintana, H. H., & Suparwoto, M. (2019). Eksplorasi angle camera dalam produksi feature 'GIR PASANG'. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 52–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.