Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Di Desa Golan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.305Keywords:
literasi, perpustakaan, Desa GolanAbstract
Desa memiliki peran mendukung perkembangan sumber daya manusia. Desa Golan meruapakn salah satu desa yang berada di Kecamatan Sawahan. Anak-anak usia sekolah dasar di Desa Golan lebih menyukai bermain handpone dan bermain dari membaca. Kesadaran untuk membiasakan membaca di Desa Golan cukup rendah. Maka dari itu diperlukan sebuah upaya untuk menyediakan sarana yang dapat mewadahi anak-anak untuk menyediakan tempat membaca. Maka dibuatlah perpustakaan di Desa Golan. Tahapan keaiatan terdiri dari tahap persiapan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap persiapan tim melakukan sosialisasi dan koordinasi. Tahap implementasi berupa perwujudan perspustakaan harus ditunda karena adanya pandemi covid 19 . implememtasi yang dilakuakn berupa pembuatan desain perpustakaan. Tahap evaluasi berisi saran atau masukan dari desain yang telah dibuat. Desain perpustakaan yang telah dibuat diharapkan dapat diwujudkan setelah pandemi covid 19 dinyatakan selesai.
References
Hermawan,R., & Zulfikar, Z. 2010.Etika Kepustakaan: Suatu Pendekatan Terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia: Jakarta:Sagung Seto.
Holik, Abdul. 2013. Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sudut Baca Soreang Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, (1), 50-56
Ridlwan, M.,& Asy’ari. 2017. Pemberdayaan IPM Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Baca-Tulis di Kapas Madya Baru Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.1,(1), 52-59
Safriansyah dkk. 2020. Pemanfaatan Digital Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Polewali Mandar. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 2, (1), 27-33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.