Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972Keywords:
Konsep Dasar, Peranan, Kurikulum, PendidikanAbstract
Sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetetif dilakukan penyempurnaan kurikulum sesuai undang-undang pasal 35 dan 36 sebagai acuan kurikulum secara berencana dan berkala untuk menekankan perlunya peningkatan standar nasional pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis pengumpulan data (literatur review) dari journal, media internet dan media berita online. Hasil dalam penelitian ini yakni Kurikulum dalam pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kemajuan pendidikan di suatu Negara, mulai dari ranah konsep hingga aplikasi atau praktek di lapangan. Karena memiliki peran sebagai rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan ajar penyelenggaraan pedoman pendidikan yang baik. Hingga kiprahnya saat ini yang sudah berganti kurikulum sebanyak 11 kali, akan tetapi harus berlandaskan komponen yang terkait satu sama lain agar mencapai tujuan kurikulum yang diinginkan dengan berlandaskan fungsi dan kurikulum yang jelas sebagai penguat dalam pengembangan kurikulum
References
Zainuri, Ahmad, 2018, Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan, Palembang: CV Amanah.
S. Nasution, 2003, Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Citra Aditya Bakti Ansyar, Muhammad, 2015 Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan, Jakarta: Kencana
Arifin, Zainal 2011, Konsep dan Model pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara Mudlofir, Ali, 2012, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad Arifin, Muhammad Jamila, 2020, Modul kurikulum dan Pembelajaran Medan: Umsu Press
Haryati, NIK, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung, 2014
Zainal Arifin, Zainal 2012, Konsep dan Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Strengthening Morals for Santri Through the Book of Ta’lim Muta’allim. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 171-182. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/santri.v3i2.519
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2021, Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam, Vol 1, no 2
Sofyan, Agus, 2006, Melek Aksara, (Jakarta: PT Albama Jurnal Qiro’ah, Active Learning Teach Like Finland, Vol.9 No.1 tahun 2019 Mulyasa, 2021, Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta: PT Bumi Aksara
Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376
Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.
Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.