Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.971Keywords:
Evaluasi Afektif, Pendidikan Agama Islam, SekolahAbstract
Sistem Pentingnya penilaian sikap dan prilaku dalam Pendidikan Agama Islam untuk pembentukan manusia yang berkepribadian Islami, yaitu perpaduan antara cara berfikir islami (aqliyah Islamiyah) dan sikap jiwa islami (nafsiyah Islamiyah). . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis pengumpulan data (literatur review) dari journal, media internet dan media berita online. Hasil dalam penelitian ini yakni Berdasarkan pembahasan tentang urgensi evalusi ranah afektif tampak bahwa ranah afektif memiliki fungsi sentral yang perlu mendapatkan perhatian dari guru PAI, guna membetuk sikap dan prilaku siswa yang islami. Dapat disimpulakan bahwa evaluasi ranah afektif sangat penting karena beberapa hal: Bentuk penilaian afektif langsug pada prilaku yang tampak atau autentik, Penilaian afektif dalam aplikasinya sangat sulit untuk dilakukan sehingga cenderung diabaikan, Setiap siswa memiliki karakter berbeda, penilaian afektif dapat menjadi sarana informasi yang tepat pada tiap-tiap siswa, Penilaian afektif dapat menjadi sarana untuk memutuskan hal penting yang harus dilakukan atau yang tidak perlu dilakukan pada tiap-tiap pembelajaran
References
Akhmad Riadi, Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol 15 No 27, April 2017, h.11
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset.
Betwan, Pentingnya Evaluasi Afektif pada Pembelajaran PAI di Sekolah, Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, Volume 2, No.1, 2019, h.57
Hamzah, Amir. 2019. Teori-teori Kepribadian. Malang: Literasi Nusantara.
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Strengthening Morals for Santri Through the Book of Ta’lim Muta’allim. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 171-182. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/santri.v3i2.519
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Mujianto Solihin, Mujirahayu,Problematika evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP, Jurnal Pendidikan Islam Vol2 No 1 Juni 2018. H.11
Ramayulis, 2008, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia Hadana Nur Fauzi, Jurnal Pendidikan dan Sains, Volume 2 Nomer 2, Agustus 2020
Rijal Firdaos, Pedoman Evaluasi Pembelajaran, (Bandar Lampung:Anugrah Utama Raharja, 2018), h.44
Syah, Muhibbin, 2010 . Psikologi dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tatang Hidayat, Abas Asyafah. Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.10 No.1, 2019, h.178 Tatang Hidayat, Abas Asyafah. Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.10 No.1, 2019, h.178
Majid, Abdul dan Aep S, Firdaus, 2014, Penilaian Auentetik Proses dan Hasil Belajar, Bandung:Intere
Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376
Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.
Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548
Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376
Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.
Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.