Studi Kritis : Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Maharoh Istima’ Berbasis Hots Pada Buku Bahasa Arab MI Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i3.6966Keywords:
Buku Bahasa Arab, Pembelajaran Mahārah Istimā’, Inovasi Penilaian HotsAbstract
Penilaian pembelajaran bahasa Arab sering kali tidak tepat sasaran dan terkesan sangat menoton sehingga menghasilkan output yang membuat peserta didik gagal berpikir dengan tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan wujud baru dalam penilaian pembelajaran bahasa Arab dengan output berupa meningkatkan daya berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan gaya pembelajaran yang holistik. Dalam proses pelaksanaannya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi dokumen atau teks. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Selanjutnya sajian data berupa temuan penilaian pada pembelajaran mahārah istimā’ disajikan dalam bentuk naratif dan bergambar. Penyajian data dilakukan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran istimā’ pada buku bahasa Arab kelas VI yang diterbitkan oleh KSKK Kementrian Agama RI sangat menoton dan tidak mengarah pada tujuan pembelajaran Hots. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa megembangkan penilaian pembelajaran bahasa Arab pada buku tersebut dengan berbasis Hots
References
Ainin, M. (2017). Penilaian, pembelajaran bahasa Arab HOTS, dan MOTS atau LOTS. Universitas Negeri Malang.
Ariandari, W. P. (2015). Mengintegrasikan higher order thinking dalam pembelajaran creative problem solving. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Asrori, I. (2011). Strategi belajar bahasa Arab: Teori & praktek. Misykat.
Aziz, A. M., Atmajaya, F., Yusuf, A. W., & Hermawan, A. (2024). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam membentuk. [Nama Jurnal Tidak Lengkap], 5(1), 60–78.
Bakar, M. Y. A., Nayyiroh, A. A., & Kamila, K. I. (2024). Kedudukan dan peranan guru dalam pandangan Islam. IJELAC: Indonesian Journal of Education, Language, and Cognition, 1(1), 1–16.
Eveline, E., & Suparno, S. (2021). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 1(1), 13–18.
Hafi, A., Naimah, I., & Bakar, M. Y. A. (2024). Strategi pembelajaran bahasa Arab melalui psikolinguistik generatif transformatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 17–31.
Hermawan, A. (2021). Penilaian pembelajaran bahasa Arab: Prinsip dan operasionalisasi (R. Indrawati, Ed.; 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Jannah, W. K. (2024). Problematika implementasi penilaian autentik pada pembelajaran bahasa Arab.
Kafi, F. A., & Ilma, Z. (2022). Analisis soal tematik bahasa Arab berbasis HOTS pada kelas XII MAN 3 Jember. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(1), 1–9.
Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan penerapan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.
Kunanti, E. S. (2020). Penyusunan pengembangan penilaian berbasis HOTS. Universitas Negeri Medan.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi berpikir. Rosdakarya.
Mahbubi, A., Opier, N. A. L., & Bakar, M. Y. A. (2023). Implementasi teori generatif transformatif dalam pembelajaran Bahasa Arab. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 211–228.
Munip, A. (2017). Penilaian pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan berpikir tingkat tinggi): Konsep, pembelajaran, penilaian, dan soal-soal. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Oktaviani, I., Sekarningrum, R., Syahrisyarifah, M., & Bakar, M. Y. A. (2024). Dinamika pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab. Journal Sains Student Research, 2(6), 526–538.
Rahmawati, N. D., & Rodliyah, I. (2021). Pembelajaran berorientasi HOTS sebagai inovasi.
Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) taksonomi menganalisis permasalahan fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88.
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). SMILE’s Publishing.
Saputra, H., Maslihah, A., Maula, K., Aziroh, U., & Bashith, A. (2025). Kompetensi kognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12, 94–106.
Satori, A., & Komariah. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.
Sekarningrum, R., Rohma, A. M., & Bakar, M. Y. A. (2024). Menelusuri jejak kurikulum pendidikan Imam Ghazali: Integrasi ilmu keislaman dalam fiqih, hadis, dan bahasa Arab. Journal Sains Student Research, 2(6), 357–368.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Alfabeta.
Utari, R. (2013). Taksonomi Bloom: Apa dan bagaimana menggunakannya? Pusdiklat KNPK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.