Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Karsa Utama Lestari Gorontalo

Authors

  • Peris Igirisa Universitas Negeri Gorontalo
  • Radia Hafid Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo
  • Umin Kango Universitas Negeri Gorontalo
  • Rierind Koniyo Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i1.6480

Keywords:

Consumer Purchasing Decisions, Product Quality, Service Quality

Abstract

This study aims to examine the extent to which the role of product and service quality in influencing consumer decisions to make purchases at Karsa Utama. This study applies a quantitative approach with data collection techniques through surveys. Data processing was conducted using multiple linear regression analysis with the help of statistical software. The results of the analysis show that both product quality and service quality have a significant effect on consumer purchasing decisions. Partially, product quality has an effect of 39.6% and service quality of 26.3%. Simultaneously, the two independent variables contributed 65.9% to consumer purchasing decisions, while 34.1% was influenced by other factors outside this study. This finding indicates that improving product and service quality can directly encourage consumers' tendency to make purchasing decisions.

References

Alkalah, C. (2016). Pengaruh faktor lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(5), 1–23.

Corlett, W. J., & Aigner, D. J. (1972). Basic econometrics. The Economic Journal, 82(326). https://doi.org/10.2307/2230043

Daryanto. (2013). Sari kuliah manajemen pemasaran. CV Alfabeta.

Dewi, N. L. (2023). Jurnal riset manajemen, bisnis, akuntansi dan ekonomi. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 51–82.

Engel. (2018). Landasan teori keputusan pembelian. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents, 1–18.

Geret, M., Yelviana, A., Sagitary, A., Fitri, A., Putri, I. K., & Putra, R. B. (2023). Pengaruh keragaman produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen perusahaan Transmart Padang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Nusantara, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.61674/jimin.v1i1.47

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2017). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Harliyana, D. A., Moonti, U., Bahsoan, A., Hafid, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh promosi online dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada industri Yunita Meubel. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 107–114. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18686

Hasan, M. N., Wolok, T., & Kango, U. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada wanita berhijab di Kota Gorontalo. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 3(1), 16. https://doi.org/10.47201/jamin.v3i1.60

Himawan, A. H. (2022). Pengaruh harga, keamanan, promosi, dan testimoni terhadap keputusan pembelian pada toko online Lazada (Studi pada mahasiswa di Purwokerto). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Imam. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.

Kasmir. (2010). Pemasaran bank. RajaGrafindo Persada.

Keller, K. (2016). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di pasar. Manajemen Strategi, 2(1), 1–10.

Kotler, P. (2004). Marketing management.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran.

Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran (Edisi 12). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Made, N., & Aksari, A. (2018). Sanitary ware TOTO di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 441–469.

Manoy, T. I., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Ake Maumbi. Jurnal EMBA, 9(4), 314–323.

Rifaldi, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Busana Muslim Semoga Indah Jaya Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Medan Area.

Riyadin. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat keluarga berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung (Studi kasus pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(1), 41–50.

Soekartawi. (2005). Manajemen pemasaran dalam bisnis modern. Pustaka Sinar Harapan.

Sugiyono. (2018a). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode penelitian manajemen. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujani. (2017). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan belanja di Indomaret. Majalah Ekonomi, 22(2), 191–205.

Suwarsono. (1999). Manajemen kualitas pelayanan. PT Mandala Krida.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran strategik. Andi Offset.

Wahyudi, Z. (2016). Analisis pengaruh pelayanan jasa penginapan hotel syariah terhadap kepuasan konsumen ditinjau dari perspektif ekonomi Islam (Studi pada Harion Hostel Syariah Bandar Lampung). Skripsi Sarjana Ekonomi Islam, 1(02), 0–116.

Wardana, M. A. (2014). Proses keputusan pembelian konsumen. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Widiyono, & Pakkanna, M. (2013). Pengantar bisnis: Respon terhadap dinamika global. Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Peris Igirisa, Radia Hafid, Agil Bahsoan, Umin Kango, & Rierind Koniyo. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Karsa Utama Lestari Gorontalo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(1), 972–991. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i1.6480