Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Katolik di SDK Botung

Authors

  • Maria Magdalena Wola Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Petrus Tukan Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Vinsensius Bawa Toron Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i1.6429

Keywords:

The Role of the Principal as a Manager, Teacher Professionalism , Catholic Religious Education Teachers

Abstract

This study focuses on the role of the principal as a manager in professionalism of Catholic Religious Education teachers at SDK Botung. The aim is to determine the extent of the principal’s role as a manager in improving the professionalism of Catholic Religious Education teachers through. The study used a descriptive qualitative method. This study was conducted at SDK Botung, invoving 3 research subjects consisting of the principal and 2 Catholic Religious Education teachers. Data were collected through interviews, observations and documentation, then analyzed using data reducation techniques, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that the principal has not fully carried out his role as a manager. So it is necessary to improve the profession of Catholic Religious Education teachers.

References

Sofyan Sauri & Diding Nurdin. (2019). Manajemen pendidikan berbasis nilai (PT Rafika Aditama (ed.)).

Aedi Nur. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Gosyen Pub).

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran (Prenada Me).

Aran, A. M. (2024). Populasi dan Sampel’, in Metodologi Penelitian. Cendikia Publisher.

Arifa, F.N & Prayitno, U. S. (2019). Peningaktan Kualitas Pendidikan :ProgramPendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. jurnal masalah-masalah sosial, 10, 1–17.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019a). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019b). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidikan di Era Millenial. JURNAL TRANSFORMATIF, 3, 9-116.

Darmawan, I. P. A. (2017). Faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru” Prosending Semina Nasional Pak II dan Call For Paperrs.

Dede Rosyada. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah.

Desmawati Roza, dkk. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 4, 267–273.

Haru, E. (2020). Peran guru pendidikan agama katolik sebagai gembala. . . Jurnal alternatif wacana ilmiah intercultural, 10(1), 43–62.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Al-Ishlah: Jurnnal pendidikan, 7, 318–336.

Helmin, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal pendidikan IslamI, 7 (2), 318-336.

Irawati. (2021). Model dan strategi Pembelajaran. Islamic Religious Education, 6(2).

juliantoro, mohamad. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Hikmah, 5, 24–38.

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi manajemen dalam lemabaga pendidikan islam (Studi kasus pengelolaan madarasah ibtidaiyah islahul muta’allim pagutan). Jurnal penelitian keislaman, 14, 31–51.

Moh. Roqib dan Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru.

Moleong, L. j. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukhti, M. A. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. 1, 41– 55.

Mukodi. (2011). Pendidikan Islam Terpadu: Reformulasi Pendidikan di Era Global.

Murniati, N. A. N. (2018). Teaching Clinic “Solusi Sukses Guru Masa Depan.

Muttaqin et al. (2023). Pentingnya Manajemen Fasilitas Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. studi,sosial dan ekonomi, 4(2), 171–182.

Nasution, S. (2018). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito. Tarsito.

Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaanh, 40 (2021).

Sagala, S. (2017). Konsep Dan Makna Pembelajaran.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020c). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020d). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020e). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020f). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020g). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020h). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukestiysno, E. (2020). Pendekatan Deskriptif dalam Penelitian Pendidikan. Andi.

Sutiono. (2021a). Profesionalisme guru.

Sutiono. (2021b). Profesionalisme Guru. Jurnal pendidikan IslamI, 4, 19.

Triyono. (2020). Manajer Dan Pengelolaan Pada Era Milenium. Jurnal Unimus.Ac.Id, 6(2), 1–15.

Wahjosumidjo. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Radja Grafindo Persada.

Winarsih, S. (2019). “Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. International Conference Of Moslem Society, 1, 24–35.

Windari, dkk. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe. Jurnal Penelitian pendidikan agama katolik, 2(1), 39.

Yogi Irfan Rosyadi. (2015a). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Smp 1 Cilawu Garut. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3, 124–133.

Yogi Irfan Rosyadi. (2015b). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalama Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3, 124–133.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Magdalena Wola, M., Petrus Tukan, & Vinsensius Bawa Toron. (2024). Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Katolik di SDK Botung. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(1), 892–913. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i1.6429