Kontribusi Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMA Negeri 1 Lewolema
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i3.6409Keywords:
Catholic Religious Education, Constructivism approach, Student participationAbstract
The purpose of this study was to analyze the contribution of the construktivist approach in increasing student participation in Catholic Religious Education learning at SMA Negeri 1 Lewolema. The research method used was qualitative with a descriptive approach. The results of this study are that Catholic Religious Education teacgers have implemented a construtivist approach by trying to link learning materials with the initial knowledge that students already have. However, the implementation of this approach encountered obstacles because some students had inadequate initial knowledge. Student participation in learning which includes five indicators, namely: expressing opinions, giving responses, doing assignments, making conclusions, and presenting has not been realized properly. This study concludes that the application of the constructivist approach in Catholic Religious Educations learning has not been able to optimally increase student participation, which is caused by severral internal factors from students.
References
Astuti, R. S., Al-Jannah, S., Amin, A., & Mukhlisuddin, M. (2023). Hakekat perubahan sosial. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1481–1489.
Bertolomeus Boli, & Emmeria Horan. (2022). Peran pendidikan agama Katolik dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(3), 72–76.
D, K., Husna, A., Nurlela, M. P. F., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis pengalaman belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 27–35.
Dirgantini, R. S. (2023). Peningkatan partisipasi dan pemahaman nilai keagamaan melalui implementasi pendekatan konstruktivis dalam desain pembelajaran PAI di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 36–57.
Erak, N. (n.d.). Wawancara dengan kepala sekolah tentang mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya perubahan sosial.
Hewen, C. B., Kerans, A. F. L., & Ruron, B. L. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang mengerjakan tugas.
Hewen, C. B., Ruron, B. L., Kerans, A. F. L., & Maran, S. G. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang membuat kesimpulan.
Hewen, C. B., Ruron, B. L., Ruron, M. A., Kerans, A. F. L., Ritan, A. S., & Maran, S. G. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan perubahan sosial.
Hewen, C. B., Ruron, M. A., Ruron, B. L., Ritan, A. S., Maran, S. G., & Kerans, A. F. L. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi yang realistis dan relevan.
Hikmah, L. M., Poncowati, L., & Sari, M. I. P. (2024). Peningkatan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat melalui metode diskusi pada peserta didik kelas IV mata pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidikan, 10(01), 45–50.
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601.
Irmayadi, R., Haris, A., & Kaharuddin. (2020). Analisis keterampilan menarik kesimpulan dalam pembelajaran fisika peserta didik di SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(3), 228–236.
Kerans, A. F. L., Ritan, A. S., & Maran. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang memberikan atau mengemukakan pendapat.
Kerans, Y., & Ritan, A. S. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang memberikan tanggapan.
Maran, S. G., Ruron, M. A., & Hewen, C. B. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang mempresentasekan.
Maulidah, S., Setyowati, N., & Ikhsan, T. (2023). Upaya meningkatkan keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat melalui debate parlementary di kelas X-G SMA Negeri 1 Sukodadi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9846–9854.
Mbulu, M. M. (n.d.-a). Wawancara dengan guru pendidikan agama Katolik tentang memberikan atau mengemukakan pendapat.
Mbulu, M. M. (n.d.-b). Wawancara dengan guru pendidikan agama Katolik tentang memberikan tanggapan.
Mbulu, M. M. (n.d.-c). Wawancara dengan guru pendidikan agama Katolik tentang membuat kesimpulan.
Mbulu, M. M. (n.d.-d). Wawancara dengan guru pendidikan agama Katolik tentang mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi yang realistis dan relevan.
Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan teori belajar bermakna David Ausubel dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 167.
Novianti, S. N., & Husni, D. (2022). Persepsi sense of humor guru dengan keberanian bertanya pada siswa di MTs Negeri 4 Kampar. Buletin Ilmiah Psikologi, 3(1), 1.
Peregalli, A., Isola, M. B., Poli, C. M. A., Biela, A., & ... (2021). Service-learning pedagogy and the teachings of the Catholic Church. In Uniservitate ....
Rangga, & Bilo. (2024). Strategi penggunaan media digital dalam pengembangan kurikulum PAK untuk meningkatkan partisipasi siswa. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 87–94.
Reski, D. J., & Ilyas, A. (2019). Konsep kesiapan siswa dalam mengerjakan tugas. Indonesian Journal of School Counseling, 1(2), 33–38.
Ritan, A. S. (n.d.). Wawancara dengan siswa kelas X tentang mengerjakan tugas.
Rodhiyana, M. (2024). Pendidikan dan perubahan sosial. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 1–13.
Rustandi, A. (2015). Pembelajaran presentasi dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw: Studi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Tamansiswa Bandung. Rika Bahasa, 1(1), 27–33.
Saleh Mawardi. (2016). Konstruktivisme: Sebuah analisis perspektif pembelajaran. Jurnal Transformasi, 2(2), 1–11.
Suriyadi, Erlamsyah, & Yusri. (2016). Hubungan kemampuan menyelesaikan tugas-tugas pelajaran dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 14–18.
Tarmidzi. (2019). Belajar bermakna (meaningful learning Ausubel) menggunakan model pembelajaran dan evaluasi peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa calon guru sekolah dasar pada mata kuliah konsep dasar IPA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 132.
Tibo, P. (2017). Pengembangan belajar mengajar pendidikan agama Katolik yang kontekstual di sekolah menengah pertama swasta Katolik Kevikepan Ende. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 1–18.
Tsulaian, N. (2023). Constructivism as a theory of learning (foundations and significance). In Proceedings of the IX International Scientific and Practical Conference, May.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.