Penguatan Karakter Santri sebagai Strategi Menghadapi Tantangan Globalisasi di Pesantren Darussalam Blokagung
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.6359Keywords:
Globalization, Santri Character, PesantrenAbstract
This study aims to describe the strategy of strengthening the character of santri in facing the challenges of globalization at the Darussalam Blokagung Islamic Boarding School. Using a descriptive qualitative approach, this study reveals that the integration of Islamic values in the formal and informal learning system of pesantren plays a significant role in shaping the resilient and adaptive character of santri. The process of character education does not only take place through teaching materials, but also through the example of ustadz, family involvement, and a collective pesantren culture. The pesantren combines salaf and khalaf education to produce religious, independent, and globally competitive santri. Adaptive strategies such as strengthening foreign languages, vocational training, and controlling the use of technology are proof of the readiness of pesantren to face the digital era. This research recommends the development of an integrated and contextual character education system so that moral values are preserved amid the increasingly strong globalization.
References
Abdul, R., Yakin, N., & Emawati, E. (2020). Implementasi pendidikan karakter santri di era teknologi (studi pondok pesantren putri nurul hakim kediri lombok barat. Jurnal Schemata Pascasarjana Uin Mataram, 9(2).
Alfath. (2020). Pendidikan karakter disiplin santri di pondok pesantren al-fatah temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164.
Anaya, L., Faridi, F., & Maknin, N. (2023). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Berbasis Tahfidzul Qur’an di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4).
Aprily, N. (2019). Pendidikan karakter di pesantren: studi kasus di pondok pesantren cipari kabupaten garut. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 77–94.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.
Candra, P., Marhayati, N., & W. (2020). Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 111–132.
Cucum, C. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), 152–163.
Dewi, S. (2019). Implementasi Metode Batu Pijar dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 47 Kota Jambi. Jurnal Pesona Dasar, 2(2), 1–9.
Fahlevi, D. (2018). Quantum Leadership: The 5 Th Level Of Execution (PT Gramedia Pustaka Utama (ed.); 1st ed).
Falah, R. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).
Fathurrijal, F. and Saudi, Y. (2023). Penguatan literasi fikih informasi bagi pengurus organisasi santri di pondok pesantren boarding school muallimin muhammadiyah lombok barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6).
Gumilang, R. & Nurcholis, A. (2018). Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 42.
Hisbul, H., Ningsih, A., RN, N., & Mujahidin, M. (2024). Eksistensi budaya siri’ na pacce terhadap santri pesantren ujung lare’ parepare. Al-Qalam Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2).
Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1–11.
Jannah, M. (2019). Metode dan strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di sdtq-t an najah pondok pesantren cindai alus martapura. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77.
Kholish, A. and Anam, M. (2022). Integrasi model pendidikan pondok pesantren salaf dan khalaf (studi kasus di pondok pesantren irsyadul anam yogyakarta). At Turots Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Latif, L. (2016). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak.
Mahanani, A. and Sulistyorini, S. (2023). Manajemen kurikulum terpadu; studi tentang penerapan model kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah (kmi) dalam meningkatkan mutu pendidikan di ma al-rosyid bojonegoro. Journal Evaluasi, 7(2).
Marlina, D. (2021). Pembentukan Karakter Wirausaha Melalui Manajemen Entreprenuership Berlandaskan Nilai-Nilai Profetik di Pesantren. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(1), 17–28.
Marpuah, N. (2022). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peringatan hari santri. Islamic Journal of Education, 1(1), 58–66.
Moh. Irmawan, J. (2016). Tantangan pondok pesantren dalam era globalisasi. JDar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, 3(2), 121–147.
Monandar, R., Iswantir, M., Husni, A., & Salamiwati, S. (2023). Penguatan karakter disiplin siswa pada mata palajaran pai kelas xi di smk negeri 1 longas tanah datar kabupaten kuantan singingi. Green, 1(3).
Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal Di Aceh. Proceedings of Icis, 1(1), 138–149.
Nawali, A. (2018). Dampak penerapan kurikulum kementerian agama dan kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar pai di man yogyakarta. Al-Ikhtibar Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).
PATIMAH, I. (2021). Model pesantren modern: pilihan rasional keluarga bagi pendidikan anak di era globalisasi. Sosioglobal Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 5(2), 89.
Rahmatullah, & Said, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa. Journal TA’LIMUNA, 9(2), 39–55.
Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90–100.
Risqi, A. & Darmawan, D. (2024). Pengaruh perhatian orang tua dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter santri di pondok pesantren nurul ikhlas sidoarjo. Ambarsa, 4(2), 151–161.
Risqi, A. and Darmawan, D. (2024). Pengaruh perhatian orang tua dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter santri di pondok pesantren nurul ikhlas sidoarjo. Ambarsa, 4(2).
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Wahid, A. H., Muali, C., & Sholehah, B. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali. At-Tajdid. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 190–205.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.